Ini Penyebab Munculnya Jerawat di Pantat dan Cara Mengatasinya

Febi Anindya Kirana26 Feb 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 15:15 WIB
pantat berjerawat

Fimela.com, Jakarta Jerawat sepertinya memang bisa muncul di mana saja, bukan hanya di kulit wajah tapi juga di berbagai tempat tersembunyi seperti pantat. Meskipun sebenarnya cukup umum terjadi namun tidak banyak yang membahas tentang hal ini.

Ada banyak alasan mengapa jerawat bisa muncul di pantat dan penyebab utama munculnya jerawat di pantat dikarenakan pori-pori kulit yang tersumbat, seperti dilansir dari Verywellhealth. Kulit di area ini umumnya juga lembap, dan kulit lembap jadi mudah mengalami iritasi atau peradangan yang memicu folikulitis ketika terkena gesekan dengan kain celana dalam.

Folikulitis atau peradangan pada folikel rambut di pantat ini bisa berlangsung lama atau sebentar tergantung kondisi kulit. Gesekan karena celana dalam yang ketat, berkeringat dan kurang bersih dalam menjaga kulit sangat memungkinkan munculnya jerawat di pantat.

Jika mengalami hal ini, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

pantat
ilustrasi pantat/Photo by Jernej Graj on Unsplash
  1. Sering menganti celana dalam. Gunakan celana dalam dengan bahan katun yang tidak terlalu ketat sehingga kulit di bagian ini tidak tertekan dan lembap. Benjolan ini terkadang terasa nyeri atau gatal, tetapi tidak selalu.
  2. Jangan menekan atau mencoba memecahkan jerawat karena akan menimbulkan infeksi dan luka yang lebih serius.
  3. Jangan digosok dengan scrub di area ini untuk menghindari luka gesekan yang lebih serius.
  4. Segera mandi setelah berkeringat atau olahraga untuk mencegah bakteri berkembang di area kulit pantat.

Umumnya jerawat di area pantat tidak menjadi masalah yang sangat serius. Namun tetap perlu diperhatikan agar kulit tetap sehat. Jika merasa kulit pantat timbul jerawat, sebaiknya lakukan sekian hal di atas ya, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓