5 Hal yang Harus Diketahui jika Berteman dengan Seorang Introver

Baiq Nurul Nahdiat27 Feb 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 27 Feb 2021, 16:45 WIB
introvert

Fimela.com, Jakarta Seorang introver cenderung pendiam dan lebih menarik diri dari kehidupan sosialnya. Namun bukan berarti mereka membenci orang lain dan sama sekali tak mau berteman. Hal ini biasanya disebabkan karena keterbatasan mereka untuk berinteraksi dengan lingkungan sosialnya. Mereka bingung untuk memulai percakapan, khawatir akan menyinggung orang lain, atau terlalu banyak hal yang dipikirkan sehinga merasa sulit untuk mengutarakan maksudnya.

Bagi kamu yang merasa kesulitan bergaul dengan seorang introver, di sini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat berteman dengan mereka. Apa saja itu? Langsung saja simak ulasan berikut ini!

Hargai Privasinya

Bagi seorang introver memiliki privasia dalah hal yang sangat sakral bagi mereka. Jika dirimu berteman dengan seorang introver jangan melakukan hal-hal yang dapat mengganggu hal privasinya, jangan tiba-tiba datang ke rumahnya tanpa pemberitahuan, karena bagi mereka rumah adalah ruang privasi, jangan membuka ponsel tanpa seizinnya, atau membuatkan kejutan yang tak terduga.

Tidak seperti kebanyakan orang, orang yang introver cenderung membutuhkan waktu untuk mempersiapkan mental saat kedatangan orang lain. Sehingga jika terjadi hal tak terduga, seperti datang ke rumahnya tanpa memberi tahu mereka akan membuat mereka merasa tidak nyaman.

Jangan Mengundang Orang Lain

introvert
Ilustrasi/copyright shutterstock/Dmytro Zinkevych

Seorang introver adalah orang yang sangat berhati dan banyak pertimbangan dalam berteman. Sehingga ketika dirimu bisa berteman dengan mereka, itu berarti bahwa dirmu adalah orang yang benar-benar dapat dipercayainya dan mereka akan sangat menghargai pertemananmu.

Misalnya, jika temanmu seorang introver dan kalian melakukan pembiacaraan berdua, usahakanlah untuk tidak membawa orang lain dalam percakapan tersebut, karena itu akan sangat menganggunya. Sebaiknya mintalah izin kepadanya terlebih dahulu jika kamu mengajak orang lain untuk bergabung, sehingga mereka bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Dorong Mereka Berbicara

Seorang introver, bukanlah orang yang cuek terhadap orang lain namun mereka sering mengalami kesulitan untuk memulai pembicaraan, karena ada perasaan takut atau bingung menyampaikan apa yang terlintas dalam pikiran mereka.

Jadi jika dirimu berteman dengan seorang introver, usahakanlah memancing mereka untuk ikut ke dalam pembicaraan, seperti menanyakan pendapat mereka tentang sesuatu. Jangan memaksa mereka, tetapi juga jangan terlalu mendominasi percakapan, karena itu akan membuat mereka sering kali merasa terpojok.

Jangan Menghakiminya

introvert
Ilustrasi/copyright shutterstock/fizkes

Seorang introver memiliki dunia batin yang sangat hidup dan mereka memproses banyak hal secara mendalam. Hal ini yang mebuat mereka cenderung melamun, tiba-tiba terdiam dan membutuhkan waktu ekstra untuk mencari kata-kata. Jadi saat mereka terdiam, jangan melempar mereka dengan kata-kata “Halo, saya sedang berbicara kepadamu, jadi jangan diam saja!” Kalimat seperti itu akan sangat rawan membuat mereka merasa terpojokkan.

Jangan Menghubunginya Terus-menerus

Tidak seperti seorang yang ekstrovert, orang yang introver cenderung pasif dan tak terlalu suka berbasa-basi melalui pesan singkat atau telepon. Itu tidak berarti mereka melupakanmu atau terkesan tidak peduli. Hal ini karena mereka mengetahui dalam waktu dekat akan bertemu denganmu dan pertemuan langsung lebih berarti bagi mereka.

Demikianlah beberapa cara agar lebih mudah memahami seorang yang introver. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓