5 Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan yang Tidak Banyak Diketahui

Baiq Nurul Nahdiat01 Mar 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 15:15 WIB
ilustrasi buah bit untuk detoksifikasi/pexels

Fimela.com, Jakarta Mungkin masih banyak yang asing saat mendengar nama buah bit, buah yang berwarna ungu ini termasuk ke dalam jenis umbi-umbian yang banyak dikonsumsi sebagai jus atau dimasak bersama sayur yang lainnya. Namun siapa sangka, di balik cara pengolahannya sebagai sayur dan jus, buah bit memiliki segudang khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan.

Penasaran seperti apa? Ini dia manfaat buah bit yang tak banyak diketahui.

1. Membantu Mengatur Tekanan Darah

Buah bit kaya akan senyawa nitrat, yang dapat diubah menjadi oksida nitrat oleh tubuh. Sehingga bila dikonsumsi dapat membantu merilekskan, melebarkan pembuluh darah, menghasilkan sirkulasi yang lebih baik dan menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian mencatat bahwa orang yang minum jus bit akan mengalami penurunan tekanan darah sebanyak 10 mm Hg dan lebih sedikit pembekuan darah tiga jam setelah asupan dibandingkan mereka yang minum air putih biasa.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Mengonsumsi buah bit tidak hanya membantu menambah aliran oksigen ke otot namun juga otak. Sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Sebuah penelitian menemukan bahwa meminum satu cangkir jus bit setiap hari selama dua minggu dapat meningkatkan 4% kemampuan seseorang menjawab test lebih cepat.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

buah bit
Tips merebus buah bit./Copyright unsplash.com/markus spiske

Satu cangkir bit mengandung 3,5 gram serat, yang sebagian besar merupakan serat tidak larut. Jenis serat ini mendorong pergerakan materi melalui sistem pencernaan dan meningkatkan massa tinja, sehingga dapat bermanfaat bagi mereka yang mengalami masalah sembelit. Saat bit masuk melalui saluran pencernaan, ia dapat mengubah urin dan tinja Anda menjadi merah muda atau merah, tidak perlu panik, itu hanya pigmentasi yang disebut betanin dan tidak berbahaya.

4. Membuat Kulit Tampak Awet Muda

Buah bit mengandung antioksidan yang tinggi, yang berfungsi melawan radikal bebas yang dapat merusakn kulit. Radikal bebas menyebabkan kerusakan sel yang salah satunya ditandai dengan penuaan dini. Antioksi yang terkandung dalam buah bit adalah fitonutrien yang disebut betalain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa betalain lebih mampu melawan radikal bebas daripada Vitamin C dan antosianin.

5. Bahan Detoksifikasi Alami

buah bit
ilustrasi bit ungu/copyright unsplash/Natalia Fogarty

Bit membantu menjaga hati tetap bersih dan berfungsi dengan baik. Antioksidan betalains membantu hati untuk mendetoksifikasi bahan kimia dan racun dengan lebih efektif. Bit juga membantu mengencerkan empedu yang disekresikan oleh hati, sehingga memungkinkannya mengalir lebih leluasa ke dalam usus kecil.

Buah bit memang sangat kaya akan manfaat, selain yang disebutkan di atas ia juga berfungsi meningkatkan fungsi jantung, sebagai pelangsing alami, meredakan peradangan, menambah energi dan sebagainya. Selain dijadikan jus buah bit juga bisa dikukus, dibuat salad atau dimakan langsung. Semoga bermanfat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓