Kemendikbud Berikan Bantuan Kuota Internet 2021 yang Lebih Fleksibel selama 3 Bulan

Vinsensia Dianawanti01 Mar 2021, 14:30 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 14:30 WIB
Pilih Spot yang Nyaman Untuk Memulai Kegiatan Sekolah Online

Fimela.com, Jakarta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim resmi mengumumkan kebijakan bantuan kuota internet 2021 bagi tenaga pendidik dan peserta didik. Bantuan kuota internet 2021 ini akan berlangsung selama tiga bulan akan dimulai pada Maret 2021.

"Kabar baik bapak ibu guru, dosen, mahasiswa, dan adik-adik pelajar. Kesehatan dan keselamatan tenaga pendidik dan peserta pendidik akan jadi prioritas. Untuk itu kami juga harus terus berupaya hadir di masa transisi untuk melanjutkan kebijakan bantuan kuota data internet," ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim dalam Konferensi Pers pada Senin (1/3/2021).

Berdasarkan masukan yang diterima Kemendikbud, bantuan kuota internet 2021 memiliki sedikit perbedaan dibanding tahun lalu. Kemendikbud memberikan bantuan kuota internet yang lebih kecil dibanding tahun lalu. Namun bantuan kuota internet ini bisa digunakan lebih fleksibel untuk mengakses lebih banyak laman.

"Bantuan kuota 2021 merupakan kuota utama untuk kebebasan mengakses semua laman yang diperlukan kecuali laman yang diblokir Kemenkominfo maupun aplikasi permainan. YouTube sudah masuk ke dalam kuota internet ini. karena materi pembelajaran kebanyakan didapat dari YouTube," jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Jumlah kuota internet lebih kecil

Ilustrasi sekolah online
Ilustrasi sekolah online. Sumber foto: unsplash.com/Magnet Me.

Menurut Nadiem, jumlah kuota yang diberikan memang lebih kecil. Namun dapat dimaksimalkan penggunaannya karena dapat mengakses lebih banyak laman.

Kemendikbud memberikan rincian jumlah bantuan kuota internet 2021 yang akan didapat oleh tenaga pendidik maupun peserta didik. Seperti peserta didik PAUD akan mendapat 7 GB/bulan, peserta SD-SMA 10GB/bulan, pendidik PAUD, SD hingga SMA mendapat 12GB/bulan, serta mahasiswa dan dosen 15GB/bulan.

 

Kuota internet diterima secara otomatis

Bantuan internet kuota ini akan diterima oleh para tenaga dan peserta didik akan diterima setiap 11-15 setiap bulannya. Kuota data ini akan berlaku selama 30 hari sejak kuota data diterima.

Bagi nomor yang sudah pernah menerima bantuan kuota internet dari Kemendikbud akan mulai mendapat bantuan secara otomatis pada Maret 2021. Sementara bagi yang berganti nomor atau belum pernah mendapat bantuan kuota internet akan mendapatkannya di bulan April 2021.

Simak informasi berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓