Vaksin COVID-19 AstraZeneca dari COVAX Segera Masuk Indonesia Secara Bertahap

Nabila Mecadinisa06 Mar 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 06 Mar 2021, 15:00 WIB
FOTO: 6 Jenis Vaksin COVID-19 yang Ditetapkan Pemerintah Indonesia

Fimela.com, Jakarta Dalam rangka penanganan virus corona, COVID-19 di Indonesia, maka pendistribusian vaksin sudah mulai dilakukan secara bertahap. Kabar terbaru mengenai vaksin COVID-19 di Indonesia adalah masuknya vaksin COVID-19 AstraZeneca yang akan datang dalam waktu dekat berasal dari COVAX Facility.

Hal ini diungkap oleh Dokter Reisa Broto Asmoro, Juru Bicara Penanganan COVID-19, dalam konferensi persnya dari Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (5/3/2021).

Dikutip dari Liputan6.com, Dokter Reisa Broto Asmoro menyatakan jika "Dalam waktu dekat vaksin COVID-19 AstraZeneca yang kita dapat dari COVAX Facility, yang merupakan hasil kerja sama multilateral pengadaan vaksin, juga akan segera datang secara bertahap," kata Reisa dalam siaran di Youtube Sekretariat Presiden. 

Vaksin Gratis di Indonesia

[Fimela] Vaksin
Ilustrasi vaksin corona | pexels.com/@rethaferguson

Dokter Reisa menambahkan, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, bersama koleganya dari Kanada dan Ethiopia, merupakan ketua bersama dari COVAX Facility.

Sebelumnya, dalam keterangan yang berbeda, Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa sebanyak 4,6 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca dalam bentuk jadi, akan tiba bulan Maret ini. Ia berharap agar tambahan vaksin ini dapat memperlancar proses vaksinasi.

Vaksin Gratis di Indonesia

Dalam keterangan persnyaa beberapa saat lalu, Reisa menyatakan jika Indonesia adalah sedikit negara d dunia yang memberikan vksin secara gratis.

Mengutip data dari laman Kementerian Kesehatan, per 4 Maret 2021 pukul 14.00, sebanyak 2.286.123 orang telah menerima suntikan pertama vaksin COVID-19. Sementara, cakupan vaksinasi dosis kedua mencapai 1.100.228 orang.

#Elevate women

Lanjutkan Membaca ↓