Sukses

Lifestyle

Pengertian Teks Ulasan dan Ciri-Cirinya

Fimela.com, Jakarta Teks ulasan adalah sebuah teks atau resensi tentang sebuah ulasan, untuk memberikan penilaian terhadap karya seperti film, buku, lagu, hingga karya sastra dan seni lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia  atau KBBI, teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang. Sedangakn ulasan adalah kupasan, tafsiran, atau komentar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teks ulasan adalah naskah, kalimat atau kata-kata yang ditulis untuk memberikan sebuah komentar, menurut pandangan dari penulis.

Dalam bahasa Inggirs, ulasan disebut dengan review. Saat memberikan ulasan, seorang penulis harus mengulas dengan sikap yang kritis, agar karya yang sedang dikritisi bisa lebih maju dan lebih baik lagi.

Ulasan ini juga sering kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk memahami lebih lanjut tentang teks ulasan, berikut pengertian teks ulasan dan ciri-cirinya, dilansir dari Bola.com:

 

Pengertian Teks Ulasan

Secara umum, teks ulasan adalah teks yang memberikan ulasan atau penilaian, untuk mengkritisi sebuah karya agar lebih baik lagi, yang ulasannya ditulis menurut pendapat penulis.

Menurut Gerot dan Wignell, teks ulasan adalah sebuah teks yang memiliki fungsi untuk mengukur, menilai dan memikirkan kritik mengenai karya atau kejadian yang sedang diulas.

Sedangkan Hyland dan Diani, memiliki pendapat bahwa pengertian teks ulasan adalah teks yang mengupas dan menilai sebuah karya sastra, yang sebagian besar menjadi tolok ukur untuk membangun sebuah karya kepada pembaca.

Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki tujuan untuk memberikan pengetahuan dan mengajak pembaca, untuk memikirkan, merenungkan dan mendiskusikan masalah, yang terdapat di dalam suatu karya.

Teks ulasan juga memiliki tujuan, untuk memberikan pertimbangan kepada pembaca, sebelum pembaca membeli, memilih dan menikmati sebuah karya, baik film, buku, lagu, hingga karya sastra dan seni.

Tujuan lain dari adanya teks ulasan adalah memberikan sebuah informasi untuk para pembaca, agar pembaca bisa memahami tentang kelebihan dan kekurangan karya yang diulas oleh penulis. Teks ulasan juga digunakan untuk memberikan pertimbangan untuk pembaca memahami karya tersebut pantas untuk dinikmati atau tidak.

Selain itu, teks ulasan juga memiliki tujuan untuk memudahkan pembaca untuk memahami kaitan dari suatu karya terhadap karya lain yang sejenis, memberikan informasi terhadap hal layak umum terkait kelayakan yang ada pada suatu karya, menunjukkan penulisan atau pandangan si penulis resensi kepada sebuah karya, mengetahui perbandingan karya satu dengan karya lain yang serupa, memberikan informasi yang komprehensif terkait sebuah karya, dan embantu si pembaca untuk mengetahui isi dari sebuah karya.

Ciri-Ciri Teks Ulasan

Ciri-Ciri teks ulasan adalah memiliki struktur yang terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.

Ciri-ciri teks ulasan yang selanjutnya adalah memuat informasi, yang ditulis berdasarkan sudut pandang atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk. Opini yang ditulis oleh penulis, harus berdasarkan fakta yang diinterpretasikan. Teks ulasan ini memiliki nama lain resensi.

 

Struktur Teks Ulasan

Orientasi

Struktur yang pertama di dalam teks ulasan adalah orientasi. Orientasi digunakan untuk menerangkan tentang gambaran umum dari suatu karya film, buku, lagu, karya sastra dan seni lainnya. Orientasi ini juga digunakan untuk memberitahu pembaca, tentang hal terkait yang akan dibahas dalam teks ulasan.

Tafsiran

Bagian yang selanjutnya adalah tafsiran. Bagian ini memiliki isi untuk penjelasan detail tentang sebuah karya yang diulas, contohnya tafsiran tentang bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas dan lain sebagainya.

Evaluasi

Bagian evaluasi adalah bagian yang memiliki isi tentang pandangan dari penulis, tentang hasil karya sastra maupun karya seni yang akan diulas. Evaluasi ditulis dengan menyebutkan tentang nilai kelebihan dan kekurang dari karya tersebut.

Rangkuman

Bagian yang terakhir adalah rangkuman. Bagian ini memiliki isi tentang kesimpulan dari ulasan terkait sebuah karya tersebut. Dalam rangkuman, penulis menuliskan tentang komentar tentang kualitas karya tersebut pantas atau tidak untuk ditonton dan dibaca.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading