Menjadi Konsumtif, Ini 6 Tanda Bahwa Dirimu Kecanduan Belanja Online

Gayuh Tri Pinjungwati05 Apr 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 05 Apr 2021, 14:15 WIB
belanja online

Fimela.com, Jakarta Apapun yang terjadi, kita tidak pernah bisa mengatakan tidak untuk berbelanja. Bagaimanapun, itu membuat kita merasa baik, percaya diri, dan bahagia dan kita mendapatkan beberapa barang baru untuk koleksi. Dan kita paling tertarik untuk berbelanja online.

Bahkan belanja online mungkin sering menjadi ketagihan bagi sebagian orang. Ketika dirimu kecanduan belanja online, maka menjadi kebiasaan untuk berbelanja setiap hari. Ini tidak hanya memengaruhimu secara finansial, tetapi juga membuatmu impulsif tentang koleksimu. Sahabat Fimela mungkin terus berpikir bahwa dirimu tidak punya apa-apa dan butuh lebih. Lantas, bagaimana cara mengenali jika dirimu kecanduan belanja online? Berikut beberapa tanda untuk menemukannya.

1. Selalu Memikirkan untuk Belanja Online

Dirimu berpikir tidak dapat berhenti berbelanja online sama sekali meskipun dirimu tidak menginginkannya. Dirimu mungkin telah mencoba menghentikannya tetapi tidak bisa.

2. Bisa Merusak Hubungan

Belanja online tidak hanya mempengaruhimu secara finansial tetapi juga merusak hubungan dan pekerjaanmu. Bahkan dirimu cenderung terlibat dalam pertengkaran dengan teman dekat dan keluarga tentang belanja online karena mereka mengkhawatirkanmu.

3. Selalu Memikirkan Belanja Online

Belanja Online
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Chaay_Tee

Dirimu hanya memiliki satu hal untuk dipikirkan sepanjang hari dan itu adalah belanja online. Bahkan ketika dirimu tak berencana membeli sesuatu ketika membuka toko online dirimu mungkin tertarik untuk membeli barang yang tidak diperlukan sekalu pun.

4. Merasa Mudah Marah

Ketika dirimu tidak dapat melakukan belanja secara online dirimu akan menjadi merasa kesal dan marah. Dirimu merasa uring-uringan sepanjang hari.

5. Belanja Secara Diam-diam

Apa pun yang dirimu beli secara online, dirimu selalu menyembunyikan barang-barang itu. Karena menurutmu orang akan menganggapnya sebagai pemborosan uang. Jadi, dirimu tidak ingin menunjukkan hal-hal itu kepada orang lain.

6. Mengalihkan Perhatian

Dirimu menggunakan situs belanja online untuk mengalihkan pikiran atau mengalihkan perhatiamu dari hal-hal lain. Belanja online telah menjadi strategi utamamu untuk mengalihkan perhatianmu dari hal lain.

Apakah Sahabat Fimela merasa pernah kecanduan belanja online? Yuk, lebih bijak lagi dalam membelanjakan uang. Jangan lupa untuk membuat anggaran peneluaran agar dapat mengendalikan uang dengan baik.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓