5 Persiapan yang Bisa Dilakukan sebelum Menjalani Ramadan 2021

Febi Anindya Kirana05 Apr 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 05 Apr 2021, 18:15 WIB
persiapan ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan 2021 sudah mulai dekat, tentunya umat muslim ingin menyambutnya dengan suka cita. Meskipun kondisi masa pandemi yang belum usai tetap mewajibkan setiap orang untuk tidak bepergian keluar rumah dan berkumpul dengan banyak orang, bukan berarti kamu tak bisa mempersiapkan Ramadan dengan pikiran positif.

Ada banyak persiapan yang mungkin dibutuhkan setiap orang sebelum menjalani puasa Ramadan satu bulan penuh. Coba cek daftarnya berikut ini, dan siapa tahu kamu juga perlu melakukan sekian checklist tersebut.

1. Membayar utang puasa Ramadan tahun lalu

Sudahkah kamu mengganti utang puasa karena halangan haid pada bulan Ramadan tahun lalu? Karena membayar utang puasa Ramadan hukumnya wajib, apalagi perempuan yang pasti berhalangan puasa saat haid. Bayar utang puasa sejumlah hari halangan. Misalnya, tidak puasa Ramadan selama 7 hari, maka bayar puasa sebanyak 7 hari.

2. Menyelesaikan urusan di luar rumah sebanyak mungkin

mencintai diri sendiri
ilustrasi mencintai diri sendiri/Photo by Muhammad Ruqiyaddin on Unsplash

Jika merasa memiliki banyak urusan yang harus diselesaikan di luar dan ingin menyelesaikannya sebelum Ramadan sehingga bisa fokus beribadah, maka lakukan. Akan lebih baik jika waktu Ramadan digunakan untuk lebih banyak berdoa dan mendekatkan diri ke Yang Maha Kuasa.

3. Mulai mengurangi porsi makan

Untuk melatih diri karena harus puasa seharian selama sebulan, mulailah mengurangi porsi makan dan lebih banyak minum air putih. Menerapkan kebiasaan makan seperti ini berguna agar perut tidak kaget saat tiba waktunya puasa sesungguhnya saat Ramadan.

4. Atur jadwal tidur lebih awal

Ubah kebiasaan begadang dan mulailah tidur lebih awal, misalnya jam 9 atau 10 malam. Karena pola waktu tidur akan berubah selama Ramadan, kamu perlu melatih diri sehingga tetap mendapatkan waktu istirahat cukup selama puasa Ramadan.

5. Menabung uang untuk dibelanjakan menjelang lebaran

Jika kamu dalam posisi kemungkinan besar mengeluarkan banyak uang untuk mencukupi kebutuhan selama Ramadan dan lebaran, maka mulailah menabung, menyisihkan uang dan berhemat dari sekarang karena pasti akan ada banyak hal untuk dibeli menjelang lebaran.

Itu dia sekian persiapan yang perlu diperhatikan setiap orang sebelum menyambut Bulan Ramadan 2021. Yuk siapkan diri menyambut bulan yang suci ini, Sahabat Fimela!

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓