Taklukkan Rasa Malas dengan Melantunkan Doa Ini

Baiq Nurul Nahdiat07 Apr 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 07 Apr 2021, 10:15 WIB
Dicukupkan Nikmat Oleh Allah SWT

Fimela.com, Jakarta Rasa malas merupakan penyakit hati yang harus dihindari. Karena rasa malas akan menghambat potensi seseorang dan membuat produktifitasnya menurun dalam berkegiatan sehari-hari.

Pekerjaan yang seharusnya bisa selesai tepat waktu bisa tertunda karena rasa malas, pekerjaan yang sedikit bia menjadi menumpuk juga karena rasa malas, dan banyak rencana yang gagal dan tidak sesai rencana bisa disebabkan oleh rasa malas pada diri seseorang.

Akan tetapi umat Muslim memiliki teladan yakni Nabi Muhammad SAW yang senantiasa mengajarkan agar umatnya menjauhkan diri dari rasa malas yang membahayakan, karena rasa malas tidak hanya akan menjadikan seseorang menjadi tidak produktif.

Namun lebih berbahaya lagi ia bisa menjadi hamba yang lalai dalam beribadah. Sebab, rasa malas ini ada bermacam-macam, dalam pekerjaan, terhadap diri sendiri, malas menuntut ilmu, bahkan malas beribadah kepada Tuhan.

Tips Agar Terhindar dari Rasa Malas

Doa Ramadan
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Ada pun beberapa cara agar terhindar dari rasa malas:

1. Memerhatikan pola tidur. Dengan memiliki pola tidur yang baik akan menjadikan tubuh kita memiliki kualitas kesehatan yang baik. Sebab, jika tidur tidak teratur misalnya dengan banyak begadang akan membuat tubuh menjadi tidak bugar saat bangun, sehingga kita akan malas melakukan aktivitas. Sehingga sangat penting bagi seorang Muslim untuk memiliki kualitas tidur yang baik.

2. Rutin melakukan olahraga. Dengan melakukan olahraga rutin akan membuat seseorang tetap bersemangat dalam menjalan aktivitas setiap harinya. Aktivitas fisik akan membuat sistem peredaran darah menjadi lancar, sehingga metabolisme tubuh akan lebih sehat, begitu juga dengan tubuh secara keseluruhan.

3. Memerhatikan pola makan. Dalam sebuah hadis, Nabi SAW menganjurkan untuk makan secukupnya dan tidak berlebihan. Dengan rumus, agar lambung terisi dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk bernafas atau udara.

Doa Agar Terhindar dari Sifat Malas

Doa Niat Puasa Ayyamul Bidh
Ilustrasi Muslimah Credit: freepik.com

Selain dengan menerapkan cara-cara di atas, Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan bagi umat Muslim sebuah doa agar terhindar dari sifat malas. Berikut lafal doanya: 

Allahumma innii a'udzubika minalkhama walkhazani wa a'udzubika minal'ajzi walkasali wa a'udzubika minaljubni walbukhli wa a'uudzubika mingholbatiddaini wa qahrirrijaali"

Artinya: Ya Allah Tuhan kami, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu daripada keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah kemauan dan malas, Aku berlindung kepada-Mu daripada sifar pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu daripada tekanan hutang dan kezaliman manusia." (HR. Abu Dawud).

Demikianlah beberapa cara agar terhindar dari sifat malas yang buruk dan doa agar terhindar dari rasa malas yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Semoga Sahabat Fimela senantiasa melantuntkan doa tersebut dalam keseharian dan dihindarkan dari sifat malas. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓