Penelitian Membuktikan, Terlalu Sering Memikirkan Ini Justru Merusak Pernikahan

Febi Anindya Kirana11 Apr 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 11 Apr 2021, 16:45 WIB
hubungan intim

Fimela.com, Jakarta Secara umum, tak banyak orang bisa secara terang-terangan membicarakan masalah hubungan seksualnya dengan pasangan. Bagaimana pun, urusan pribadi ini memang cukup sensitif dibahas tapi akan lebih baik jika bisa dibicarakan berdua dengan pasangan, apalagi soal kepercayaan diri di atas ranjang.

Tak banyak yang menyadari bahwa masalah kepercayaan diri saat bercinta dengan pasangan ternyata mampu meredupkan kebahagiaan di dalam pernikahan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Body Image tahun 2020 menemukan bahwa merasa minder atau kurangnya kepercayaan diri saat bercinta mampu merusak kehidupan pernikahan dengan pasangan.

Percaya diri pengaruhi kepuasan bercinta

Hubungan Intim/Seks
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Studi menjelaskan bahwa memandang tubuh sendiri secara positif berhubungan erat dengan kenikmatan bercinta dengan pasangan. Ketika seseorang terlalu mengkhawatirkan tubuhnya yang tidak menarik, maka itu dapat mengakibatkan pada tidak tercapainya kepuasan bercinta baik pada pria maupun perempuan.

Aspek psikologis terkait bercinta sangat penting terutama bagi perempuan, dan ketika perempuan ingin mencapai kepuasan bercinta, maka yang harus ia miliki untuk pertama kali adalah positive body image ketika melihat tubuhnya sendiri.

Ketika perempuan tak menikmati momen bercinta dengan suami, tentu suami akan 'berpikir apakah ada yang salah dengannya?'. Kekhawatiran ini pula yang kemudian menjadikan pria merasa kurang menikmati momen bercinta.

Mungkin bisa dikatan bahwa kamu tidak bisa mencintai seseorang dengan tulus sebelum kamu bisa mencintai dirimu sendiri, Sahabat Fimela. Jadi sebaiknya pastikan dulu kamu merasa percaya diri dan melihat tubuhmu sebagai sosok yang seksi sehingga bercinta dengan pasangan lebih romantis dan membahagiakan.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓