Siapa Bilang Jomlo Nggak Bisa Bahagia? Ini Buktinya

Baiq Nurul Nahdiat08 Apr 2021, 11:05 WIB
Diperbarui 08 Apr 2021, 11:05 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Banyak orang yang menganggap bahwa menjadi single atau jomlo itu sengsara, sebab mereka tidak memiliki seseorang untuk berbagi kasih sayang dan cinta. Sehingga ada anggapan bahwa orang yang berpasangan jauh lebih bahagia dalam hidupnya karena dipenuhi cinta.

Tetapi, penelitian yang dilansir pada laman hackspirit.com, membuktikan bahwa orang yang single jauh lebih bahagia daripada yang berpasangan.

Ini dia beberapa alasan seseorang yang jomlo jauh lebih bahagia daripada yang berpasangan.

Orang yang Single Lebih Bebas Bersosialisasi

Penelitian telah menemukan bahwa orang Amerika yang lajang lebih cenderung mendukung dan tetap berhubungan dengan keluarga mereka dan bersosialisasi dengan orang lain. Sementara orang yang berpasangan tetap terjebak dalam hubungan cinta mereka sendiri. Orang lajang di luar sana lebih mudah berpartisipasi dalam komunitas mereka dan tetap dekat dengan orang yang dicintai.

Memiliki Lebih Banyak Waktu

perempuan bahagia
ilustrasi perempuan di taman/copyright By N U S A R A (Shutterstock)

Kesendirian restoratif memungkinkan seseorang untuk mendapatkan kembali energinya untuk memeriksa kembali perasaan dan memahami makna dan tujuan hidup.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa beberapa pasangan tidak menyediakan waktu untuk menyendiri, tetapi bisa lebih sulit bagi seorang yang sudah berpasangan untuk meluangkan waktu bagi diri mereka sendiri.

Memiliki Lebih Banyak Waktu untuk Bersantai

Penelitian menunjukkan bahwa orang single menghabiskan rata-rata 5,56 jam sehari untuk aktivitas rekreasi secara keseluruhan, dibandingkan dengan orang yang sudah menikah, yang menghabiskan rata-rata 4,87 jam sehari untuk bersantai.

Ini menyisakan lebih banyak waktu bagi para single untuk terlibat dalam olahraga, rekreasi, TV, permainan, dan penggunaan komputer dengan santai. Aktivitas santai adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres dan menemukan makna tambahan dalam hidup.

Lebih Mudah Melakukan Perubahan dalam Hidup

karakter zodiak
ilustrasi perempuan bahagia/Photo by Bach Tran on Unsplash

Dalam sebuah penelitian terhadap 1.000 orang single dan 3.000 orang menikah, para single melaporkan tingkat pembelajaran, perubahan dan pertumbuhan positif yang lebih tinggi. Orang single juga lebih cenderung percaya bahwa pengalaman baru penting untuk menantang cara mereka berpikir tentang dunia dan diri mereka sendiri.

Tampaknya intuitif bahwa para single lebih cenderung fokus untuk memperbaiki diri mereka sendiri, karena mereka memiliki satu orang yang lebih sedikit untuk dikhawatirkan.

Tidur Lebih Nyenyak

Menurut sebuah survei, para single cenderung mendapatkan waktu tidur paling banyak - rata-rata 7,13 jam semalam - dibandingkan dengan orang-orang yang sedang menjalin hubungan. Alasannya cukup jelas, saat ada seseorang di sampingmu, terkadang akan lebih sulit untuk tidur dan tetap tertidur.

Dapat Memutuskan Sesuatu Lebih Mudah

Saat menjalin hubungan, setiap keputusan yang dibuat harus melibatkan atau mempertimbangkan orang lain/pasangan. Berada dalam suatu hubungan berarti dirimu tidak bisa membuat keputusan sendiri dan jika melakukannya maka dirimu akan dinilai tidak kooperatif dalam hubungan.

Ini adalah kemewahan yang tidak dimiliki banyak pasangan, karena seorang yang single dapat menentukan segala sesuatu dalam hidupnya dengan mudah.

Demikianlah ulasan tentang alasan yang menjadikan seseorang yang single lebih bahagia daripada yang sudah berpasangan. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓