Studi Membuktikan, Dirimu Lebih Cerdas Jika Punya Tubuh Tinggi

Febi Anindya Kirana08 Apr 2021, 15:15 WIB
Diperbarui 08 Apr 2021, 15:15 WIB
perempuan bekerja bahagia

Fimela.com, Jakarta Jika bicara tentang nilai IQ atau kecerdasan otak seseorang, ada banyak faktor yang memengaruhi seberapa cerdas dirimu. Salah satunya yang pasti adalah dari gen. Seseorang yang secara alami memiliki orangtua yang cerdas biasanya akan lahir dengan otak yang encer.

Namun tak banyak yang tahu bahwa gen lain yang ada di dalam tubuh, yang sekilas tak ada hubungannya sama sekali dengan kecerdasan, ternyata juga bisa memengaruhi seberapa tinggi tingkat kecerdasan seseorang. Gen itu adalah gen bertubuh tinggi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Behavior Genetics menemukan bahwa orang bertubuh tinggi ternyata juga memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan orang bertubuh pendek.

Tubuh tinggi tanda otak lebih cerdas

perempuan tinggi
ilustrasi badan tinggi/Photo by mentatdgt from Pexels

Sebuah tim peneliti di Universitas Edinburgh di Skotlandia telah menemukan korelasi antara gen tinggi badan dengan kecerdasan otak. Dalam kelompok sampel 6.815 orang, penelitian menganalisi DNA mereka untuk menemukan apakah tinggi badan dan kecerdasan seseorang bisa saling berkaitan.

Penelitian yang mengambil data dari Generation Scotland: Scottish Family Health Study ini mengadakan tes medis dan bakat mental kepada para partisipan. Kecerdasan diukur melalui empat metrik dasar, yaitu waktu reaksi mental, kemampuan linguistik, kecepatan pemrosesan, dan kekuatan mengingat.

Hasilnya, orang-orang yang bertubuh tinggi ternyata lebih unggul dalam banyak tes dan itu menandakan mereka juga lebih pintar. Namun perlu ditekankan, peneliti tidak menyimpulkan bahwa semua orang pendek kurang cerdas, atau semua orang bertubuh tinggi jelas lebih cerdas. Apalagi mengingat bahwa penelitian ini tidak menggunakan tes IQ standar untuk mengukur kecerdasan seseorang.

Jadi, jangan merasa minder dulu hanya karena pendek. Tinggi badan seseorang mungkin memang bisa mengukur kecerdasan seseorang, tapi itu bukanlah penentu segalanya. Kecerdasan seseorang tetap terbentuk karena banyak faktor, Sahabat Fimela.

#ElevateWoman with Fimela

Lanjutkan Membaca ↓