Tips Bebas Konflik dengan Pasangan Selama Ramadan

Vinsensia Dianawanti12 Apr 2021, 12:30 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 13:32 WIB
pasangan bertengkar

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan Ramadan, rutinitas dalam keluarga biasanya akan terlihat lebih dari biasanya. Selain fokus untuk melakukan ibadah, kebiasaan mengatur menu sahur dan berbuka, berbelanja, hingga mempersiapkan kebutuhan anggota keluarga lainnya membuat pasangan lebih sibuk.

Ditambah dengan situasi pandemi yang membuat sebagian besar aktivitas dilakukan di rumah. Mulai dari bekerja, belajar, dan beribadah. Kesibukan inilah yang terkadang membuat pasangan jadi kurang berkomunikasi sehingga berpotensi menimbulkan konflik.

Padahal menurut konsultan pernikahan Indra Noveldy, komunikasi dengan pasangan menjadi penting untuk berbagi peran dan tugas di rumah.

“Setiap pasangan memiliki cara yang berbeda-beda dalam berbagi perannya di dalam rumah tangga. Semua membutuhkan negosiasi dan komunikasi yang sehat, sehingga kalaupun ada konflik, dapat diselesaikan dengan baik. Setiap pasangan tentunya punya keinginan untuk bisa membuat rumah tetap terasa nyaman agar ibadah ramadan dapat berjalan dengan lancar,” ujar Indra.

 

Tips bebas konflik

pasangan bertengkar
ilustrasi bertengkar/copyright by takayuki (Shutterstock)

Ketika pasangan sudah terlibat dalam konflik, Indra menyarankan untuk melakukan penyederhanaan tugas-tugas di rumah. Resolusi konflik dengan pasangan sendiri membutuhkan waktu dan energi besar, sehingga baiknya dilakukan dalam keadaan yang tenang.

Indra mengingatkan bahwa jangan sampai karena hal-hal yang bersifat teknis, sepeti lupa membayar tagihan, malah memicu ledakan konflik di rumah. Dengan demikian, pasangan suami istri bisa lebih fokus menggunakan energinya untuk menyelesaikan masalah yang lebih mendasar dan membutuhkan perhatian yang lebih besar.

Untuk membantu kelancaran aktivitas selama Ramadan, GoPay menghadirkan inisiatif Rumah Tanggap yang mengajak pasangan untuk saling tanggap dan sigap dalam urusan rumah tangga. Kamu bisa melakukan pembayaran berbagai kebutuhan selama Ramadan dari rumah.

Ramadan kali ini, GoPay juga memberikan gratis biaya admin 10x untuk transfer ke bank yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi salam tempel dan rezeki Ramadan secara digital.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓