Tips agar Tetap Semangat Menjalankan Ibadah Puasa

Baiq Nurul Nahdiat12 Apr 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 16:45 WIB
karakter zodiak

Fimela.com, Jakarta Memasuki bulan puasa mungkin akan terasa berat bagi sebagian orang, apalagi pada saat hari-hari pertama puasa. Agar tubuh tetap fit dan bersemangat saat puasa maka harus mempersiapkan stamina jauh-jauh hari sebelumnya. Karena tubuh yang bugar dan stamina yang kuat akan membuat kita tetap semangat selama menjalankan puasa.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dilakukan agar tetap semangat menjalankan puasa. Langsung saja, simak ulasannya.

Meyakinkan Diri

Meskipun mungkin menghadapi lebih banyak tantangan selama Ramadan karena kewajiban agama seperti menahan diri dari rasa lapar dan emosi serta pikiran negatif, pastikan dirimu melakukannya dengan motivasi. Jika sudah ditentukan, tips selanjutnya akan mudah diikuti.

Makan Sahur Secukupnya

perempuan makan
Ilustrasi makan./Copyright shutterstock.com/g/chaythawin

Ingat, saat mengisi energi saat sahur dan berbuka puasa, tidak perlu makan berlebihan. Sebaliknya, makanlah dalam porsi sedang untuk sahur karena makan berlebihan akan membuatmu merasa mengantuk dan tidak berenergi.

Pilih menu seimbang, karbohidrat, protein, dan serat dalam asupan makanan. Makanan yang seimbang akan membuatmu kenyang lebih lama saat puasa.

Sesuaikan Waktu Tidur

Ada dua jadwal tidur yang harus diperbaiki, pertama, jadwal malam. Jika memiliki kebiasaan tidur larut malam, lebih baik mengubahnya. Cobalah untuk tidur lebih awal karena dirimu juga harus bangun lebih awal saat menjalani puasa.

Jadwal kedua setelah sahur dan sholat subuh. Mungkin lebih baik jika dirimu tidak tidur karena bisa membuatmu merasa lesu setelahnya. Lebih baik melanjutkan olahraga atau aktivitas memberi energi lainnya.

Lakukan Olahraga

perempuan olahraga
ilustrasi olahraga di rumah/photo created by tirachardz - www.freepik.com

Manfaatkan waktu pada pagi hari untuk berlahraga, misalnya setelah salat subuh, seperti pemanasan, atau jalan-jalan santai beberapa waktu. Olahraga akan membantu tetap rileks dan segar dan menghindarkan dari rasa kantuk.

Hindari Kafein

Pada hari-hari biasa, kafein dapat membantu terjaga terutama saat merasa mengantuk. Namun, saat bulan puasa, tidak disarankan mengkonsumsi kafein saat sahur atau berbuka puasa karena dapat melukai lambung dan membuat mual.

Demikianlah beberapa tips yang bisa membantu agar tetap semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓