3 Cara Menyembuhkan Luka Bakar dan Rekomendasi Salepnya

Kezia Prasetya Christvidya14 Apr 2021, 11:35 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 11:35 WIB
luka bakar-kezo

Fimela.com, Jakarta Luka bakar bisa terjadi kapan saja pada saat kita beraktivitas. Contohnya terkena knalpot, setrika, matahari, minyak panas dan lain sebagainya.

Luka bakar ini ada yang jenisnya ringan dan mudah disembuhkan, ada juga luka bakar berat yang harus disembuhkan dengan peralatan medis. Menyembuhkan luka bakar bisa dilakukan dengan bahan alami, tetapi juga bisa diobati dengan salep penyembuh luka bakar.

Salep adalah pertolongan pertama untuk menyembuhkan luka bakar, sehingga harus ada di dalam kotak obat atau dibawa sehari-hari. Salep juga bisa digunakan untuk membantu menyamarkan bekas luka bakar di kulit. Berikut cara menyembuhkan luka bakar dan rekomendasi salepnya, dilansir dari berbagai sumber:

Jenis Luka Bakar

ilustrasi luka bakar/noppawan09/shutterstock
ilustrasi luka bakar/noppawan09/shutterstock

Luka Bakar Ringan

Jenis luka bakar yang pertama adalah luka bakar ringan. Luka bakar ringan biasanya memiliki besar sekitar 8cm. Lapisan kulit yang terbakar adalah lapisan bagian luar, dengan gejala kemerahan dan bengkak di sekitar luka. Salah satu penyebab luka bakar ringan adalah luka karena sinar matahari.

Luka Bakar Sedang

Luka bakar sedang adalah jenis luka bakar sedang ini memiliki ciri-ciri melepuh, perih dan kemerahan. Luka ini bisa meluas di area sekitar. Luka ini biasanya muncul di wajah, tangan, paha, kaki dan lain sebagainya. Luka bakar ringan ini bisa sembuh selama 3 mingguan.

Luka Bakar Berat

Luka bakar berat adalah luka bakar tingkat 3 yang harus dirawat dengan serius. Luka bakar berat ini bisa merusak semua lapisan kulit, bahkan sampai merusak otot, tulang dan lemak. Orang yang terkena luka bakar berat ini memiliki ciri-ciri sesak napas, kejang-kejang dan kulit hangus.

Cara Menyembuhkan Luka Bakar

ilustrasi luka bakar/Dmytro Zinkevych/shutterstock
ilustrasi luka bakar/Dmytro Zinkevych/shutterstock

1. Menyembuhkan Luka Bakar Ringan

Cara menyembuhkan luka bakar ringan adalah dengan mendinginkan luka bakar, dengan handuk yang diberi es batu atau air dingin. Lalu cuci luka bakar dengan air mengalir sampai bersih, untuk menghindari infeksi sebelum diberi salep.

2. Menyembuhkan Luka Bakar Sedang

Luka bakar sedang bisa disembuhkan dengan kompres handuk dingin selama 15 menit. Kemudian bisa menggunakan obat anti nyeri yang diresepkan dokter, untuk menghilangkan rasa nyeri. Dan oleskan salep yang digunakan untuk menyembuhkan luka bakar. 

3. Menyembuhkan Luka Bakar Berat

Cara menyembuhkan luka bakar berat adalah dengan membawa korban ke UGD. Pastikan korban bisa bernapas dan jauhkan dari asap, saat menyelamatkan korban dari kebakaran. Untuk luka bakar yang berat, hindari memberikan air dingin dan pastikan tekanan darah stabil. Kamu bisa membaringkan korban dengan kaki terangkat setinggi 40cm dan berikan selimut pada pasien.

 

Cara Memilih Salep untuk Luka Bakar

ilustrasi salep/ Kseniia Perminova/shutterstock
ilustrasi salep/ Kseniia Perminova/shutterstock

Cara memilih salep yang berfungsi untuk menyembuhkan luka bakar, yaitu memilih salep yang mengandung antibiotik, anti inflamasi dan pelembap. Kandungan antibiotik yang terdapat dalam salep adalah silver sulfadiazine, gentamycin, neomicin sulphate, octenidine dan lain sebagainya.

Kandungan yang terdapat di dalam salep, bisa membantu mencegah infeksi bakteri pada luka, mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi rasa nyeri pada luka yang meradang.

Selain itu, salep biasanya memiliki kandungan pelembap, yang membantu memperbaiki tekstur lapisan kulit, melembapkan kulit dan mempercepat penutup luka.

Rekomendasi Salep untuk Luka Bakar

ilustrasi luka bakar/FotoDuets/shutterstock
ilustrasi luka bakar/FotoDuets/shutterstock

1. Bioplacenton

Rekomendasi salep yang pertama adalah Bioplacenton. Salep ini memiliki kandungan placenta extract, yang berfungsi untuk mempercepat penutupan luka di kulit, serta membantu meregenerasi pertumbuhan sel kulit baru. Harga salep ini sekitar Rp 18ribuan.

2. BETADINE Antiseptic Ointment

Salep yang selanjutnya adalah BETADINE Antiseptic Ointment. Salep yang mengandung Povidone iodine, bersifat sebagai anti bakteri, yang bisa membantu membunuh kuman yang menyebabkan infeksi pada luka bakar. Harga produk ini sekitar Rp 38ribuan.

3. Lucas' Papaw Ointment

Rekomendasi salep yang selanjutnya adalah Lucas' Papaw Ointment. Salep ini bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar, ruam, gatal dan iritasi kulit, yang menyerang kulit bayi maupun dewasa, karena memiliki kandungan ekstrak pepaya dan petroleum jelly. Harga produk ini sekitar Rp 65ribuan.

4. Nutrimoist

Salep dari Nutrimoist adalah salep multifungsi, yang memiliki fungsi untuk menyembuhkan luka bakar, merawat kulit kering, menyembuhkan jerawat, menyembuhkan luka lecet dan lain sebagainya. Salep ini dijual dengan harga sekitar Rp 165ribuan.

5. Octenilin Gel

Rekomendasi salep yang terakhir adalah Octenilin Gel. Salep ini memiliki kandungan antibiotik octenidine hydrochloride, yang mempercepat penyembuhan infeksi pada luka bakar. Harga produk ini sekitar Rp 40ribuan.

Lanjutkan Membaca ↓