Baik Dikonsumsi Saat Puasa, Inilah 5 Buah yang Dapat Menghidrasi Tubuh dan Membuat Kenyang Lebih Lama

Baiq Nurul Nahdiat14 Apr 2021, 12:45 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 12:45 WIB
makanan

Fimela.com, Jakarta Penting untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik selama puasa. Karena dengan terpenuhinya cairan dalam tubuh akan membuat badan lebih sehat dan segar, sehingga bisa membantu menjalankan puasa dengan lancar. Jadi, penting untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air selama menjalankan puasa.

Berikut ini adalah beberapa buah yang dapat menghidrasi tubuh dengan baik selama puasa. Ini dia ulasannya.

1. Semangka

Semangka adalah salah satu makanan paling menghidrasi karena mengandung 92 persen air. Di samping itu semangka juga mengandung serat dan beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A dan magnesium. Kandungan air yang tinggi inilah yang membuat semangka menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan saat puasa agar tubuh tetap terhidrasi.

Stroberi

Buah Stroberi
Ilustrasi Buah Stroberi Credit: pexels.com/Dana

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 91 persen dan menjadikannya makanan yang sangat menghidrasi. Mengonsumsinya akan berkontribusi pada asupan air harian tubuhmu. Selain itu, stroberi menyediakan banyak serat, antioksidan penangkal penyakit, vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan.

Blewah

Blewah adalah buah yang sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan dalam beberapa cara. Satu cangkir (177 gram) blewah terdiri dari sekitar 90% air. Satu cangkir blewah juga mengandung 2 gram serat, yang bekerja bersama dengan air untuk meningkatkan rasa kenyang dan dapat dapat membuat kenyang lebih lama.

Jeruk

kulit jeruk
ilustrasi jeruk/Photo by Adam Śmigielski on Unsplash

Jeruk sangat sehat dan dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Ada hampir setengah cangkir 88 persen dalam satu jeruk, bersama dengan serat dan beberapa nutrisi. Ini termasuk vitamin C dan kalium, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung.

Jeruk juga kaya akan antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan. Air dan serat dalam jeruk dapat meningkatkan kenyang lebih lama, yang membantu mengendalikan nafsu makan.

Persik

Persik adalah buah yang padat nutrisi dan menghidrasi karena mengandung 89 air. Buah ini juga menyediakan beberapa vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B dan kalium.

Selain itu, makan buah persik dengan kulitnya juga dapat memenuhi antioksidan sebagai penangkal penyakit seperti asam klorogenat pada makanan. Kandungan air dan serat buah persik menjadi alasan mengapa buah ini sangat mengenyangkan namun rendah kalori.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis buah yang baik dikonsumsi selama puasa. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓