Buat Puasa Lebih Berkah, Jauhi Gosip dengan 5 Tips Berikut Ini

Baiq Nurul Nahdiat15 Apr 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 14:15 WIB
disudutkan perempuan lain

Fimela.com, Jakarta Menggunjing atau ghibah, atau yang biasa disebut bergosip adalah perbuatan yang makruh saat puasa Ramadan. Dan ghibah dengan tujuan untuk membongkar kejelekan orang lain hukumnya adalah haram bagi seorang muslim. Terlebih jika dilakukan saat puasa Ramadan, maka bisa menurunkan kualitas ibadah puasa seseorang.

Jika disadari, bergosip tidak hanya merugikan orang yang menjadi objek gosip, lebih jauh lagi ia juga bisa merugikan orang yang melakukannya. Bahkan di dalam Islam, orang yang suka menggunjing diibaratkan seperti orang yang memakan bangkai saudaranya sendiri.

Berikut adalah beberapa tips agar terhindar dari aktivitas gosip saat berpuasa. Ini dia tipsnya.

Gosip Merugikan Diri Sendiri

Tidak hanya bagi orang yang menjadi objek gosip, bagi seorang penggosip pun sebenarnya memiliki kerugian yang lebih besar. Kebiasaan bergosip akan membuat seseorang dinilai buruk di dalam hubungan sosial.

Bagi seorang yang suka bergosip ia akan susah memiliki teman, banyak dikelilingin teman palsu bahkan ia akan menjadi seseorang yang sangat berpotensi menjadi objek gosip bagi orang lain.

Menanyakan, Apa Pentingnya?

couple gosip
Ilustrasi/copyright shutterstock/Odua Images

Jika dirimu berada di tengah-tengah orang yang suka bergosip. Hampir tidak ada yang akan memiliki jawaban yang meyakinkan untuk pertanyaan ini. Apa yang penting dari menggosipkan orang lain? Pasti dengan pertanyaan tersebut, seorang penggosip tak akan berani mengajakmu untuk membicarakan orang lain lagi.

Mengalihkan Pembicaraan

Jika Sahabat Fimela merasa tidak nyaman saat seseorang mengajak untuk bergosip maka usahakanlah untuk mengalihkan pembicaran. Alihkan pembicaraan ke arah yang positif atau sesuatu di luar topik yang digosipkan. Dengan begitu akan membuat orang tersebut menghentikan aktivitas bergosipnya.

Berusaha Terlihat Sibuk

sibuk dan gosip
Ilustrasi/copyright shutterstock/Thaninee Chuensomchit

Saat seseorang mengajakmu untuk bergosip maka usahakanlah untuk terlihat sibuk. Misalnya dengan membaca buku, bermain handphone, atau mengerjakan tugas lainnya. Dengan seperti itu mereka tak akan tertarik untuk mengajakmu bergosip.

Jangan Ditanggapi

Seseorang yang ingin bergosip biasanya akan mengawali kalimatnya dengan semacam, “Kamu tahu tidak, kalau si A...? Jika hal tersebut membuat dirimu tidak nyaman, maka cukup untuk tidak menanggapinya, apalagi semakin memperparahnya dengan ikutan bergosip.

Seharusnya sebagai seorang muslim sudah menjadi kewajiban untuk menghindari hal-hal buruk seperti bergosip secara konsisten dan bukan jika ada momen-momen tertentu, pada saat bulan Ramadan, misalnya. Karena salah satu tanda amalan ibadah puasa diterima ialah bahwa seseorang akan menjadi lebih baik bahkan setelah puasa berlalu. Selamat menunaikan ibadah puasa, Sahabat Fimela.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓