Algoritma adalah Logika Perhitungan, Ketahui Ciri - Cirinya

Imelda Rahma15 Apr 2021, 15:03 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 15:03 WIB
Algoritma

Fimela.com, Jakarta Algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah secara sistematis, terstruktur dan logis. Masalah itu dapat berupa apa saja, dengan syarat untuk setiap permasalahan memiliki kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan sebuah algoritma.

Algoritma juga memiliki pengulangan proses (iterasi), dan juga memiliki keputusan hingga keputusan selesai. Salah satu hal yang tak dapat lepas dari algoritma adalah pemrograman, yang mana di era kemajuan teknologi hal tersebut menjadi sangat penting.

Program yang berjalan di berbagai device seperti komputer (personal computer), netbook, handheld, web (berbasis internet) pada dasarnya tidak dibangun begitu saja, melainkan ada suatu proses yang menjadi suatu pola kerja dari program itu sendiri yakni algoritma.

Untuk lebih jelasnya, Fimela.com kali ini akan mengulas pengertian algoritma beserta ciri-cirinya. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli
Ilustrasi Algoritma Credit: pexels.com/Serdav

Algoritma berusaha melakukan langkah-langkah seefesien mungkin untuk mencapai tujuan semaksimal mungkin. Algoritme sebenarnya merupakan implementasi dari kehidupan sehari-hari misalnya algoritma stack dan algoritma queue yang merupakan implementasi dari antrian dan tumpukan yang terjadi dalam aktivitas sehari-hari. Berikut ini definisi algoritma menurut para ahli yaitu:

1. Thomas H. Cormen

Algoritma merupakan prosedur komputasi yang mengambil beberapa nilai atau kumpulan nilai sebagai input kemudian diproses sebagai output sehingga algoritma adalah urutan langkah komputasi yang mengubah input menjadi output.

2. Andrey Andreyevich Markov

Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.

3. Goodman dan Hedetniemi

Algoritma merupakan urutan-urutan terbatas dari operasi terdefinisi dengan baik yang masing-masing membutuhkan memory dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.

4. Seymour Lipschutz dan Marc Lipson

Algoritma merupakan suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.

Ciri - Ciri Algoritma

Ciri - Ciri Algoritma
Ilustrasi Algoritma Credit: pexels.com/Jesswin

Menurut Donald E. Knuth dalam Rinaldi Munir (2007), mengungkapkan bahwa algoritma harus memiliki lima ciri penting yaitu sebagai berikut:

  • Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah terbatas. Program yang tidak pernah berhenti mengindikasikan bahwa program tersebut berisi algoritma yang salah.
  • Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat dan tidak berarti-dua (ambiguous).
  • Algoritma memiliki nol atau lebih masukan (input). Masukan ialah besaran yang diberikan kepada algoritma untuk diproses.
  • Algoritma memiliki nilai nol atau lebih keluaran (output). Keluaran dapat berupa pesan atau besaran yang memiliki hubungan dengan masukan.
  • Algoritma harus sangkil (effective). Setiap langkah harus sederhana sehingga dapat dikerjakan dalam sejumlah waktu yang masuk akal.

Dengan demikian algoritma dapat diartikan sebagai deretan langkah komputasi yang mentransformasikan masukan menjadi keluaran dalam waktu yang terbatas. Algoritma baru efektif jika dijalankan oleh sebuah pemroses atau (processor). Pemroses tersebut bisa manusia, robot, komputer, mesin dan sebagainya.

Pemroses membaca setiap instruksi di dalam algoritme lalu mengerjakannya. Di mana suatu pemroses harus mengerti setiap langkah dalam algoritme dan mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓