Mengetahui Makna yang Berarti dari 3 Unsur dalam Puasa Ramadan

Gayuh Tri Pinjungwati16 Apr 2021, 13:15 WIB
Diperbarui 16 Apr 2021, 13:15 WIB
single berhijab

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah tentang puasa dan mengikuti perintah Allah. Ada banyak kesempatan yang bisa dimanfaatkan selama bulan ini dan umat Islam mencari penyesalan atas dosa-dosa masa lalu serta menjadi lebih beriman. Dalam Ramadan terdapat beberapa elemen bermakna yang perlu diketahui. Puasa, sahur, dan berbuka adalah tiga elemen Ramadan yang memiliki arti penting bagi umat Islam. Berikut adalah makna dari ketiga elemen tersebut yang perlu Sahabat Fimela ketahui.

Sahur

Sahur adalah bagian penting dari puasa. Umat ​​Muslim makan makanan sehat saat sahur agar tetap sehat selama sisa hari selama puasa. Cara makan yang benar saat sahur adalah makan secukupnya. Banyak orang yang melewatkan sahur namun hal ini tidak disukai oleh Allah (SWT) karena mereka yang melewatkan sahur merasa sulit untuk menyelesaikan puasanya dan akhirnya membatalkannya. Sahur adalah waktu yang tepat untuk makan dan mengisi diri dengan cukup agar dirimu bisa berpuasa sepanjang hari.

Berbuka Puasa

Amalan Sunnah di Hari Arafah
Ilustrasi Berbuka Puasa Credit: pexels.com/pixabay

Melakukan buka puasa merupakan tindakan yang membawa berkah bagi umat Islam. Beberapa orang mengadakan buka puasa untuk orang lain seperti di masjid. Ini adalah tindakan kebaikan yang besar dan yang sangat disukai oleh Allah. Dikatakan bahwa Allah akan membukakan pintu pengampunan bagi mereka yang membantu pengamat cepat dalam memperoleh buka puasa yang memadai untuk berbuka puasa saat ini.

Ramadan mengajari kita banyak hal mulai dari kesabaran, kesalehan dan disiplin hanyalah beberapa di antaranya. Umat ​​Muslim harus berusaha untuk memanfaatkan kesempatan yang dibawa Ramadan. Ramadan ini, umat Islam di seluruh dunia akan berpuasa, melakukan puasa dan tarawih serta membayar zakat. Setiap orang akan tertarik untuk mendapatkan berkah malam Lailatul Qadr.

Puasa

Salah satu manfaat puasa adalah sebagai kesempatan bagi kita untuk memperbarui jati diri dengan umat. Bertentangan dengan apa yang dipikirkan banyak orang, Ramadan bukanlah pengalaman individu tetapi tentang komunitas. Hal terbaik tentang puasa adalah bahwa umat Islam berpuasa bersama, memungkinkan kita untuk mengidentifikasi satu sama lain dalam ketaatan kita kepada Allah. Ini memperkuat kita sebagai Muslim.

Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah bagi setiap orang. Marilah kita menjaga kedamaian dengan menghargai setiap umat dan berbuatlah kebaikan di bulan penuh berkah ini.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 22 JUNI 2021