5 Tips Meningkatkan Imun Tubuh di Bulan Ramadan

Karla Farhana06 Mei 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 11:00 WIB
Ramadan

Fimela.com, Jakarta Puasa di bulan Ramadan dikenal dapat menyehatkan tubuh. Namun, mengingat Ramadan kali ini jatuh di tengah pandemi Corona, penting sekali bagi Sahabat Fimela untuk menjaga kesehatan. Terutama dengan meningkatkan daya tahan tubuh atau imun tubuh

Ada banyak cara untuk meningkatkan imun tubuh. Namun, hal ini menjadi sedikit lebih tricky karena kamu sedang berpuasa. Untuk itu, psikolog klinis Merve Oz membagikan sarannya kepada Daily Sabah bagaimana cara meningkatkan imun tubuh di bulan Ramadan. 

1. Pentingnya Sahur

Banyak orang melewatkan sahur karena mengantuk atau masih kenyang karena berbuka puasa dengan banyak mkanan. Tapi, melewatkan sahur justru membuat tubuh stres karena tubuh terlalu lama menahan rasa lapar. Hal ini justru akan menurunkan imun tubuh. 

2. Berbuka dengan Makanan Sehat

Gorengan dan juga makanan dan minuman manis memang sangat nikmat untuk berbuka puasa. Namun, kamu perlu ingat kalau makanan dan minuman yang enak tidak melulu menyehatkan. Pastikan kamu mengonsumsi biji-bijian, sayuran, buah, kacang, dan sumber protein untuk meningkatkan imun tubuh dan kesehatan. 

3. Salad

salad
salad menjadi menu yang sempurna untuk Ramadan | unsplash.com/@luisabrimble

Salad menjadi menu yang sangat baik untuk dikonsumsi selama Ramadan. Pasalnya, sayuran akan menyehatkan pencernaan. Jika pencernaan sehat, imun tubuh pun akan menjadi lebih kuat. 

4. Antioksidan 

Perbanyak makanan yang mengandung tinggi antioksidan. Seperti buah-buahan dan sayuran yang berwarna-warni. Antioksidan bertugas untuk mencegah rusaknya sel tubuh dan juga meningkatkan imun tubuh. 

5. 1,5 Liter Air

Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh di bulan Ramadan juga sering kali dilupakan. Padahal, air sangat penting untuk keseimbangan kesehatan tubuh. Paling tidak, minumlah 1,5 liter air per hari. Kamu harus atur berapa gelas yang bisa kamu minum saat sahur, berbuka puasa, dan malam sebelum tidur. 

#elevate women

Lanjutkan Membaca ↓