6 Bahan Makanan Ini Bisa Membuat Kenyang Lebih Lama Saat Puasa

Baiq Nurul Nahdiat17 Apr 2021, 11:05 WIB
Diperbarui 17 Apr 2021, 11:05 WIB
Mkanan Organik

Fimela.com, Jakarta Saat menjalankan puasa, tidak hanya penting untuk memenuhi kebutuhan makanan saat buka puasa, namun juga nutrisinya. Sebab, mengonsumsi sembarangan makanan saat puasa bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Ada salah satu trik agar puasa bisa berjalan lancar, ialah dengan mengonsumsi makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama. Selain membuat kenyang lebih lama, bahan makanan ini juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh.

Ini dia beberapa jenis bahan makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama saat puasa. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Biji Chia

Selama ini biji chia banyak dikenal karena bermanfaat untuk kecantikan, padahal sebagian besar karbohidrat yang ditemukan dalam biji chia berbentuk serat (lebih dari 80%!), sehingga jika dikonsumsi akan membuat kenyang lebih lama.

Ditambah lagi, saat menambahkan cairan ke biji chia, biji chia akan mengembang dan saling menempel untuk menciptakan tekstur seperti gel yang sempurna untuk resep punding atau minuman lainnya.

2. Kuinoa

Kuinoa bukanlah biji-bijian tetapi sebenarnya jenis sereal? Kuinoa bebas gluten, mengandung protein lengkap dan serat. Satu cangkir (185 g) kuinoa matang mengandung 5g serat dan 8g protein.

Selain itu, karbohidrat yang ditemukan dalam kuinoa bersifat kompleks yang berarti bahwa karbohidrat tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk rusak di dalam tubuh dan tidak akan meningkatkan gula darah secara signifikan. Kuinoa bisa disajikan seperti sereal atau salad dan daunnya juga bisa dimakan.

3. Ubi Jalar

ilustrasi ubi jalar merupakan tanaman herbal/pexels
ilustrasi ubi jalar merupakan tanaman herbal/pexels

Ubi jalar menjadi makanan pokok bagi yang ingin menurunkan berat badan atau menambah massa otot, karena menu ini bisa mencukupi kalori dan serat dalam waktu yang lama. Satu ubi jalar ukuran sedang hanya memiliki sedikit lebih dari 100 kalori, tetapi 4 gram serat. Dan sebagai bonus, ubijalar juga kaya akan vitamin A.

4. Lentil

Lentil adalah sejenis kacang-kacangan yang kaya protein dan serat. Lentil sering dijadikan sebagai bahan makanan pokok vegetarian. Satu porsi lentil (100g atau ½ cangkir) mengandung 8g serat dan 9g protein. Sehingga lentil adalah makanan yang cocok untuk dimasukkan ke dalam menu saat puasa, karena bisa membuat tahan kenyang lebih lama.

 

5. Alpukat

ilustrasi alpukat mencegah sakit jantung/pexels
ilustrasi alpukat mencegah sakit jantung/pexels

Alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Ini membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan protein, tidak seperti kebanyakan buah dan sayuran, yang sebenarnya sangat tinggi. Kira-kira 300g alpukat mengandung sekitar 5g protein dan kalium dua kali lebih banyak dari pisang besar.

6. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang berkhasiat menurunan risiko kanker. Satu cangkir brokoli cincang (kira-kira 91 gram) mengandung 2g serat dan 3 g protein sekaligus menyediakan lebih dari 100% kebutuhan harian akan vitamin C dan K dan juga merupakan sumber vitamin A, folat, dan kalium yang baik.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa jenis makanan yang dapat membuat kenyang lebih lama yang baik dikonsumsi saat puasa. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓