Kehamilan Pertama pada Ramadan Tahun Ini, Perasaanku Campur Aduk

Endah Wijayanti19 Apr 2021, 10:15 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 10:35 WIB
ibu hamil dan puasa

Fimela.com, Jakarta Selalu ada cerita, pengalaman, dan kesan tersendiri yang dirasakan tiap kali bulan Ramadan datang. Bahkan ada kisah-kisah yang tak pernah terlupakan karena terjadi pada bulan suci ini. Tiap orang pun punya cara sendiri dalam memaknai bulan Ramadan. Tulisan kiriman Sahabat Fimela yang diikutsertakan dalam Lomba Berbagi Cerita tentang Indahnya Ramadan di Share Your Stories Bulan April ini pun menghadirkan makna dan pelajaran tersendiri.

***

Oleh:  Annita Fitri

Berbeda dengan Ramadan sebelumnya, kali ini aku merasakan sedih sekaligus bahagia. Dulu selalu sibuk dengan pertanyaan kapan menikah dan tahun ini keinginan tersebut akhirnya telah terpenuhi. Tuhan telah mengabulkan permintaan orangtuaku. Anak perempuan pertama mereka kini telah menikah dan juga telah hamil saat sekarang ini. Sungguh suatu rahmat dan kenikmatan yang tiada tara.

Namun, di balik itu semua aku dan kedua orangtuaku juga harus menerima kenyataan jika setelah menikah diriku harus ikut suamiku dan jauh dari mereka. Aku sering sedih jika dilanda rindu ingin bertemu kedua orangtuaku. Mereka pun tentunya juga sama. 

Menjaga Kehamilan Ini dengan Sebaik-baiknya

ramadan 2021 dan kehamilan pertama
Kehamilan pertama./Copyright Annita Fitri

Betapa aku rindu merasakan masakan ibuku. Ikut berbuka bersama, pergi salat Tarawih bersama dan dibangunkan ketika sahur. Sementara kini aku harus belajar mandiri, menyiapkan semuanya sendiri. Belajar untuk menjadi istri yang baik untuk suamiku.

Dengan kehadiran bayi mungil di rahimku aku mulai merasa tenang. Banyak cerita yang aku dengar dari orang yang sudah menikah bertahun-tahun lamanya belum juga dikaruniai anak. Sementara aku langsung diberikan amanah oleh Allah SWT merasakan kehamilan. Walau agak berat rasanya saat ini dengan kehamilan muda yang aku rasakan. Seringkali aku merasa mual dan pusing. Inilah juga penyebab aku harus menghentikan keinginanku untuk berpuasa tahun ini.

Padahal aku sudah merasakan senang dengan adanya kelonggaran dari pemerintah mengadakan salat tarawih di masjid tahun ini. Tapi tetap saja aku tidak bisa menikmatinya karena aku harus menjaga kandunganku saat ini. Aku takut terjadi suatu hal yang tidak diinginkan jika memaksakan diri puasa dan pergi salat Tarawih ke masjid. Orangtuaku dan juga mertuaku selalu mengingatkan agar aku selalu menjaga kesehatan dan menjaga kehamilanku saat ini. Dan aku tidak ingin membuat mereka kecewa.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓