Solusi Rawat Lansia dan Orang Sakit di Rumah dengan Tenaga Profesional

Nabila Mecadinisa19 Apr 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 11:00 WIB
Insan Medika

Fimela.com, Jakarta Istilah home care menjadi populer belakangan ini. Perawatan di rumah ini menjadi solusi yang dicari banyak orang, khususnya penduduk di kota-kota besar. Dengan segudang aktivitas padat, maka biasanya perhatian dan waktu untuk merawat keluarga yang sakit atau lanjut usia terasa sulit. 

Oleh sebab itu, maka diperlukan layanan home care agar keluarga yang sakit atau lanjut usia bisa mendapatkan perawatan yang seutuhnya. Di negara-negara maju seperti Singapura dan Jepang, layanan ini sudah umum. Di Indonesia sendiri, Insan Medika hadir sebagai pelopor layanan home care digital. 

Sudah berdiri sejak tahun 2013, layanan ini telah memiliki hampir 10.000 pasien di kota besar seluruh Indonesia dan juga meraih penghargaan skala nasional maupun internasional, salah satunya penghargaan “the Most Outstanding Home Healthcare service” pada tahun 2016 di London, UK. Bahkan di tahun 2017, founder Insan Medika, Try Wibowo terpilih di dalam jajaran 30 Under 30 Forbes Asia. 

Merawat pasien selama 24 jam

Insan Medika
Insan Medika tawarkan solusi merawat lansia dan orang sakit di rumah.

Layanan Insan Medika fokus pada live-in atau perawatan pasien selama 24 jam stand by di rumah. Sebagian besar yang dirawat adalah orang tua atau lansia dengan alzeimer dan dementia serta pasien degeneratif lainnya. Menurut Try Wibowo, daripada menitipkan orang tua mereka di panti jompo, orang lebih suka untuk mencari perawat yang bisa menemani dan merawat orang tua 24 jam di rumah sendiri karena mereka akan merasa lebih nyaman dan dekat dengan keluarga. 

Bahkan menurut Survei Sensus Ekonomi Nasional BPS, pada bulan Maret 2020, persentase penduduk lansia mencapai 9,78%. Naik dibandingkan dengan tahun 2010 yang sebesar 7,59%, berarti permintaan akan layanan home care akan terus meningkat ke depannya. 

Layanan lain yang dimiliki Insan Medika adalah perawatan orang sakit atau pasca sakit di rumah atau selama perawatan di RS. Semuanya tinggal 24 jam jadi perawta bisa mengawasi pasien dengan maskimal. Biayanya cukup terjangkau, Insan Medika mematok tarif bulanan mulai dari 4 juta untuk pasien lansia tanpa sakit, 5 juta per bulan untuk pasien dengan kondisi sakit atau pasca sakit, 6 juta untuk oasien paliatif atau memakai bantuan alat medis. Selain layanan bulanan, insan Medika juga menyediakan layanan infal atau harian. 

Tenaga terlatih

Insan Medika
Insan Medika tawarkan solusi merawat lansia dan orang sakit di rumah.

Para perawat atau caregiver memiliki latar belakang kesehatan seperti SMK Kesehatan hingga Diploma atau Sarjana Keperawatan baik telah memiliki STR maupun belum memiliki STR. Insan Medika juga membuka oendidikan kursus pelatihan caregiver yang bisa diikuti oleh semua lulusan SMA sederajat untuk disalurkan kerja menjadi caregiver atau perawat lansia dengan durasi pelatihan 1 bulan penuh di asrama. Lulusan ini hanya untuk merawat lansia yang tidak sakit. 

Untuk mendapatkan layanan ini, calon pengguna jasa bisa langsung akses melalui website Insan Medika dan menghubungi melalui telepon, lalu memilih oerawat sesuai dengan kebutuhan. Nantinya akan ada sesi wawancara dengan calon perawat menggunakan video call tanpa harus bertatap muka langsung. Sebelum disalurkan ke pengguna jasa, para tenaga kesehatan sudah melakuikan cek kesehatan seperti rapid atau antigen, untuk memastikan kesehatannya. 

 

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓