Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatur Pola Tidur yang Berantakan Selama Puasa

Fimela.com, Jakarta Aktivitas puasa Ramadan yang berubah juga memaksa setiap orang untuk menyesuaikan diri, termasuk dalam mengatur pola tidur. Bahkan, tak jarang ada beberapa orang yang memiliki kualitas tidur yang buruk selama puasa, karena tidak bisa mengatur pola tidur yang baik.

Adanya beberapa ibadah atau kegiatan malam, seperti tadarus, salat malam dan makan sahur membuat setiap orang harus pandai mengatur waktu tidur agar tetap bisa prima dalam menjalankan ibadah selama puasa.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan pola tidur yang baik selama puasa Ramadan. Langsung saja, simak tipsnya berikut ini. 

1. Tidur dalam Sekali Waktu

Mengatur tidur yang lebih lama lebih bermanfaat daripada beberapa berkali-kali tidur sebentar untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur setidaknya 4 jam di malam hari setelah berbuka puasa, sebelum bangun untuk sahur dan subuh dan kembali tidur selama beberapa jam sebelum bangun di pagi hari.

2. Mengatur Pola Tidur

Cobalah merencanakan rutinitas tidur yang disesuaikan untuk Ramadan sehingga bisa tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu tubuh mendapatkan ritme untuk tidur yang lebih nyenyak.

3. Nikmati Tidur Siang

Tidur siang selama 20 menit di sore hari dapat memulihkan energi yang lesu dan tingkat fokus. Setel alarm karena terlalu banyak tidur dapat membuat pusing dan bahkan lebih mengantuk daripada sebelum tidur siang.

4. Perhatikan Asupan Makanan

Hindari makan makanan berat, berlemak, atau bergula karena tidur bisa terganggu karena tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Hindari juga makanan yang sangat pedas dan berkafein karena bisa memperburuk tidur yang nyenyak karena bisa menyebabkan gas dan mulas.

5. Lingkungan Tidur yang Tepat

Tempat yang tenang dan gelap sangat ideal untuk beristurahar. Daln usahakan untuk menghindari menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, dan TV menjelang waktu tidur karena penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dari layar dapat mengganggu kualitas tidur.

Demikianlah beberapa tips untuk mendapatkan pola tidur yang sehat selama puasa Ramadan. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading