Tiba-Tiba Membenci Pasangan? Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Baiq Nurul Nahdiat20 Apr 2021, 16:05 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 16:05 WIB
couple marah

Fimela.com, Jakarta Tiba-tiba merasa benci dengan pasangan bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi, karena jarak antara cinta dan benci itu hanya sehelai benang saja. Sehingga, tanpa disadari seseorang bisa merasakan cinta dan benci dalam waktu yang bersamaan. Tetapi, bagaimana jika perasaan benci itu sering muncul dan membuatmu bingung dalam bersikap?

Jadi ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan jika tiba-tiba merasa benci dengan pasangan menurut healthline.com. Langsung saja, simak ulasannya berikut ini.

Ketahuilah Perasaan Seperti Itu Normal

Dalam eksperimen tahun 2014, para peneliti menemukan bukti yang menunjukkan bahwa memikirkan pasangan romantis dapat memicu emosi positif dan negatif. Dengan kata lain, dirimu bisa secara bersamaan mencintai dan membenci pasangan.

Eksperimen ini juga menemukan bahwa perasaan negatif seringkali tersirat, artinya banyak orang yang tidak menyadari kebencian yang dirasakan pada pasangan. Jadi, tidak realistis untuk percaya bahwa dirimu tidak akan pernah mengalami amarah, jijik, bahkan kebencian dalam hubungan, karena itu merupakan perasaan normal.

Memahami Perasaan yang Dirasakan

couple marah
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Narith Thongphasuk

Kebencian adalah salah satu emosi paling intens yang dapat dialami orang, tetapi orang sering menggunakannya dengan lebih santai pada hal yang tidak prinsipil, misalnya benci pada makanan atau hewan tertentu. Jadi, ungkaplah jika dirimu merasa membenci pasangan, karena hal ini dapat membantumu menghilangkan rasa frustrasi yang tidak dapat digambarkan secara akurat.

Dan mengidentifikasi emosi tertentu dapat memberimu kejelasan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Terlebih lagi, mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang papa yang dirasakan dapat membantumu mulai mengatasi masalah dengan pasangan dengan lebih baik.

Menjaga Jarak

Jika menghabiskan waktu bersama pasangan semakin meningkatkan rasa benci dan amarah meluap maka berilah jarak. Menjaga jarak dapat membantu menjernihkan pikiran sehingga dirimu dapat berpikir lebih tenang tentang apa yang memicu perasaan tersebut.

Dirimu mungkin bisa jalan-jalan ke luar rumah atau pindah ke ruangan lain. Jika dirimu tidak mendapatkan ruang fisik, meditasi singkat atau pernapasan dalam dapat membantu menenangkan pikiran dan mengelola emosi dengan lebih efektif.

Perhatikan Apa yang Terjadi dengan Dirimu

couple
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Mallika Home Studio

Jika dirimu membenci pasangan karena kesalahan yang ia buat, namun dirimu mengetahui bahwa sebenarnya mereka mungkin tidak sengaja melakukan hal itu. Tetapi, suatu kesalahan kecil bisa merusak suasana hati dan menyalahkan segala hal.

Jadi, penting untuk mengetahui inti permasalahannya, sehingga yang seharusnya dibenci adalah kesahalan yang dibuat bukan pasanganmu.

Demikianlah ulasan mengenai cara untuk mengatasi rasa benci pada pasangan yang datang secra tiba-tiba. Semoga bermanfaat.

 

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓