3 Tips Praktis Agar Konsisten Memantau Langkah Harian Saat Berolahraga

Fimela Editor10 Mei 2021, 17:30 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 17:30 WIB
Ilustrasi Olahraga

Fimela.com, Jakarta Jangan sepelekan upaya untuk berolahraga dengan jalan sehat sewaktu pagi dan malam. Menambahkan beberapa menit berjalan kaki ekstra setiap dapat berdampak positif pada tujuan kesehatan dan kebugaran melalui jumlah langkah harian.

Ingin aktivitas yang menyenangkan, efektif, dan yang dapat membantu kamu rutin berolahraga ke dalam rutinitas harian? Usahakan untuk menyelesaikan 10.000 langkah setiap hari. Dilansir dari discovergoodnutrition.com, ini adalah tips memantau langkah harian saat berolahraga secara konsisten dan praktis.

Usahakan Olahraga Jalan Kaki 

Banyak orang melihat berjalan sebagai aktivitas yang intensitasnya terlalu rendah untuk memberi mereka hasil kebugaran yang nyata. Kenyataannya adalah bahwa efek menambahkan jalan kaki ekstra sehari-hari dapat membuat tubuh merasa baik juga. Jika kamu adalah seseorang yang menolak gagasan berjalan untuk berolahraga harian, pikirkan lagi. Kamu bisa coba pada pagi hari, jika kantor atau sekolah dekat bisa langsung jalan kaki. Sore harinya jika mempunyai binatang peliharaan bisa bawa mereka keliling perumahan. Meskipun bukan olahraga intensitas tinggi, jalan kaki memiliki manfaat luar biasa yang dapat membantu menambah semangat langkahmu.

 

Coba awali dengan 10 ribu langkah sehari

Menambah Energi Cadangan pada Tubuh
Ilustrasi Berolahraga Credit: unsplash.com/Christine

Menempatkan satu kaki di depan kaki lainnya saat kamu berjalan adalah jenis aktivitas yang sangat bisa dicapai oleh banyak orang. Berjalan adalah langkah pertama yang bagus yang dapat dilakukan oleh orang yang tidak aktif untuk membawa mereka ke tangga kebugaran. Begitu kamu bangun dan bergerak dengan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki, tubuh kamu secara alami akan melepaskan zat kimia otak seperti serotonin dan dopamin, memberimu dorongan emosional yang dapat membantu membuat kamu lebih aktif.

Bagaimana cara menambahkan langkah harian 100-1.000 langkah? Ubah kebiasaan sederhana seperti parkir lebih jauh dari toko, turun dari bus satu halte lebih cepat, naik tangga, menghindari eskalator dan berpindah-pindah jalan setapak atau jalan cepat rehat kopi selama 5 menit untuk membantu tubuh mengumpulkan jumlah anak tangga ini.

Untuk mencapai jumlah 1000 langkah, kamu perlu mulai menambahkan berjalan di tempat saat kamu berbicara di telepon dan berjalan kaki rehat kopi selama 20 menit. Berusahalah secara sadar untuk bangun dari meja kamu beberapa kali sehari dan berjalan selama 5 menit dan beraktivitas di sekitar rumahmu.

Jika sudah siap untuk menggapai 10.000 langkah per hari, teguhkan komitmen. Usahakan untuk menggunakan tangga sebagai olahraga dengan membawanya 5-6 kali, berjalan sejauh 5 km, berjalan kaki selama 40 menit, dan berjalan kaki rehat kopi selama 20 menit.

Ini adalah jumlah langkah yang signifikan karena apa pun yang kurang dari 5.000 berarti tubuh kita tidak aktif. Bahkan menurut pedoman ASCM, kurang dari 5.000 langkah setiap hari masuk katagori tidak aktif. Mencapai 10.000 langkah setiap hari akan membantu kamu merasa seperti benar-benar berolahraga.

 

Bagaimana cara mengukur langkah harian ?

HUAWEI WATCH FIT
HUAWEI WATCH FIT

Jika kamu mencari asisten yang cerdas dan stylish untuk membantu mengelola kesehatan tubuh, HUAWEI WATCH FIT Elegant Edition merupakan jawaban tepat. 

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan kepribadian yang berbeda dan berbagai skenario penggunaan, HUAWEI WATCH FIT Elegant Edition menghadirkan dua warna baru: Frosty White dan Midnight Black. HUAWEI WATCH FIT memberikan demonstrasi dan analisis matrik kebugaran yang mendalam kepada pemakainya. Memberikan fungsi terbaik untuk fungsi kesehatan dan kebugaran yang tepat yang membantu setiap orang untuk meningkatkan ke gaya hidup yang lebih sehat. HUAWEI WATCH FIT Elegant Edition mewarisi fitur kebugaran dan kesehatan pendahulunya dan memberikan pengalaman perlindungan kesehatan selama 24/7.

Huawei Band 6 baru saja diluncurkan. HUAWEI Band 6 telah ditingkatkan dalam hal desain, masa pakai baterai, dan pemantauan kesehatan dan kebugaran. Huawei Band 6 juga dapat mendukung beberapa model dari berbagai merek, menghadirkan lebih banyak pengalaman hidup digital yang lebih nyaman dan sehat untuk penggunanya. HUAWEI Band 6 adalah smartband pertama Huawei yang menyertakan AMOLED FullView Display 1,47 inci dengan rasio layar-ke-tubuh 64 persen, yang berarti dapat menampilkan lebih banyak informasi sambil tetap bergaya. Selain itu, HUAWEI Band 6 mewarisi masa pakai baterai dua minggu dari produk wearable Huawei.

Huawei melanjutkan dedikasinya terhadap pengembangan teknologi melalui peluncuran HUAWEI Band 6 sebagai anggota baru keluarga perangkat wearable Huawei. Meskipun HUAWEI Band 6 dikategorikan sebagai smartband, namun HUAWEI tetap menghadirkan fitur-fitur terbaik yang serupa dengan yang bisa Anda dapatkan dari smartwatch namun Anda bisa mendapatkannya dengan harga smartband. HUAWEI Band 6 hadir dengan Layar FullView AMOLED 1,47 inci dengan resolusi 194 * 368 dan 282 PPI untuk konten yang hidup. Dibandingkan dengan pendahulunya, tampilan 148 persen lebih besar, dan rasio screen-to-body juga meningkat pesat menjadi 64 persen. Tampilan layar penuh warna memberikan kejelasan informasi yang lebih baik kepada pengguna dan memberikan data workout dan kesehatan dalam rasio tampilan yang lebih ramah pengguna. Pengguna bisa dengan mudah menggeser ke atas dan ke bawah, ke kiri dan ke kanan, layaknya menggunakan layar sentuh smartphone.

Kenyamanan tertinggi dan pemantauan kesehatan yang akurat merupakan hal yang krusial untuk smartband. Dengan pertimbangan ini, HUAWEI Band 6 mengadopsi persyaratan yang tinggi pada desain, bahan, dan berbagai teknologi sensor. Beratnya hanya 18g, menawarkan pengalaman pemakaian yang ringan untuk pemantauan kesehatan sepanjang hari. HUAWEI Band 6 bukan hanya smartband Huawei pertama yang mendukung SpO2 sepanjang hari, tetapi juga memberi pengguna berbagai fitur kesehatan seperti pemantauan detak jantung, tidur, stres, dan siklus menstruasi. Untuk latihan kebugaran, HUAWEI Band 6 mendukung 96 mode latihan untuk lari dan analisis data profesional guna membantu pengguna berolahraga secara ilmiah.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 22 JUNI 2021