9 Manfaat Beras Kencur untuk Melancarkan Sistem Pencernaan

Kezia Prasetya Christvidya14 Mei 2021, 13:35 WIB
Diperbarui 14 Mei 2021, 13:35 WIB
beras kencur-kezo

Fimela.com, Jakarta Beras kencur adalah minuman tradisional yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Beras kencur adalah olahan rimpang kencur yang dicampur dengan beras dan gula merah sebagai pemanis alami.

Beras kencur memiliki kandungan vitamin B, senyawa alkaloid, minyak atsiri dan lain sebagainya, yang aman dikonsumsi setiap hari.

Rutin mengonsumsi beras kencur dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah melancarkan sistem pencernaan. Beras kencur juga bisa membantu meningkatkan energi dan mengontrol berat badan. Untuk mengetahui manfaat beras kencur yang lainnya, berikut manfaat beras kencur

Manfaat Beras Kencur

beras kencur-kezo
ilustrasi beras kencur/Dwi Yoga Pujo Laksono/shutterstock

1. Menjaga Kesehatan Lambung

Manfaat mengonsumsi beras kencur yang pertama, yaitu bisa membantu menjaga kesehatan lambung. Kandungan yang terdapat di dalam beras kencur, mampu menebalkan dinding lambung, yang terdiri dari mukosa luar dan dalam, muscularis externa dan serosa, sehingga orang yang rutin mengonsumsi beras kencur bisa terhindar dari kerusakan dinding lambung.

2. Mengontrol Berat Badan

Mengonsumsi beras kencur bisa membantu mengontrol berat badan. Karena nutrisi yang terkandung di dalam beras kencur ini, mampu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Sehingga napsu makan terkontrol dan lemak di dalam perut tidak menumpuk.

3. Mengobati Flu

Manfaat beras kencur yang selanjutnya, yaitu membantu mengobati sakit flu. Beras kencur mengandung antioksidan dan bisa menghangatkan tubuh, sehingga beras kencur bisa membantu memerangi virus di dalam tubuh yang menyebabkan sakit flu.

4. Mencegah Diabetes

Beras kencur juga bisa membantu mencegah diabetes, karena tingginya kadar antioksidan di dalam beras kencur, bisa mengontrol kadar gula darah atau menurunkan glukosa tubuh. Sehingga minuman ini cocok dikonsumsi orang yang menderita diabetes.

5. Sariawan

Beras kencur juga memiliki manfaat yang bisa membantu mengobati sariwan. Beras kencur mengandung antibakteri dan minyak atsiri, seperti borneol, kamfer, sineol dan etilalkohol, yang bisa jadi peluruh dahak, menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta membunuh kuman penyebab sariawan.

Manfaat Beras Kencur yang Lainnya

beras kencur-kezo
ilustrasi beras kencur/Edgunn/shutterstock

6. Diare

Beras kencur juga memiliki manfaat lainnya, yang bisa membantu menyembuhkan penyakit diare. Karena beras kencur memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi dan antibakteri, yang bisa membunuh infeksi mikroba di dalam perut, serta menghidrasi tubuh yang kekurangan cairan akibat diare.

7. Mencegah Kanker

Manfaat beras kencur yang lainnya yaitu bisa membantu mencegah sel kanker berkembang di dalam tubuh. Karean beras kencur mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan melindungi sel tubuh, sehingga orang yang rutin mengonsumsi beras kencur bisa terhindar dari penyakit kanker.

8. Kesuburan

Beras kencur juga dipercaya bisa membantu menyuburkan rahim, jika beras kencur dikonsumsi secara rutin dan dicampur dengan daun sirih serta bawang putih. Bahkan beras kencur bisa membantu meningkatkan stamina lelaki dan penambah vitalitas.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat mengonsumsi beras kencur secara rutin juga berdampak positif untuk kulit. Antioksidan, antibakteri dan antiinflamasi di dalam beras kencur, bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini di kulit, mencegah jerawat dan mengurangi peradangan kulit.

Cara Membuat Beras Kencur

beras kencur-kezo
ilustrasi beras kencur/Amin pudjihari/shutterstock

Bahan yang diperlukan:

  • 1 genggam penuh beras
  • 1 genggam kencur
  • 2 keping gula merah atau sesuai selera
  • 2 lembar daun jeruk
  • 600 ml air matang

Cara membuat:

  1. Cuci beras, lalu rendam dengan air matang selama minimal 6 jam.
  2. Setelah 6 jam, kupas kulit kencur dan potong gula merah menjadi ukuran yang lebih kecil.
  3. Blender semua bahan hingga halus.
  4. Kemudian, saring dan pindahkan ke dalam gelas.
  5. Sajikan dengan es batu agar lebih segar dan nikmat.
Lanjutkan Membaca ↓