Ketahui Aturan dan Cara Menghitung Zakat Fitrah

Gayuh Tri Pinjungwati05 Mei 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 18:15 WIB
Zakat

Fimela.com, Jakarta Mengetahui berapa banyak zakat yang harus dibayarkan dan bagaimana cara membayarnya terkadang sulit. Zakat adalah rukun Islam ketiga, ini adalah tindakan amal wajib sebesar 2,5% dari tabungan tahunan seorang Muslim. Zakat dimaksudkan untuk membersihkan kekayaan kita, tidak hanya secara fisik, tetapi juga spiritual. Itu membersihkan hati kita dari keegoisan serta memastikan bahwa masyarakat kurang mampu terlindungi dari kelaparan.

Kesalahpahaman yang umum terjadi adalah bahwa zakat adalah salah satu bentuk pajak. Namun, ini adalah kewajiban spiritual di mana kita akan bertanggung jawab kepada Allah secara langsung. Zakat memainkan peran kunci dalam membantu mereka yang membutuhkan dan kurang mampu, dengan menyediakan bantuan penting untuk mereka.

Siapa yang Harus Membayar Zakat?

Sahabat Fimela harus membayar zakat jika, pertama, dirimu adalah seorang Muslim dewasa yang berpikiran sehat, dan kedua, dirimu telah memiliki jumlah kekayaan minimum atau yang dikenal sebagai nisab, selama satu tahun.

Berapa Zakat yang Harus Dibayarkan?

Nabi kita Muhammad telah menetapkan nisab pada tingkat yang setara dengan 87,5 gram emas atau 612,4 gram perak. Sekarang, nilai ini biasanya setara dengan mata uang lokal. Dalam madzhab Hanafi, nilai perak digunakan untuk menentukan kelayakan nisab untuk membayar zakat. Di madzhab lain, nilai emas digunakan. Nilai emas dan perak berubah setiap hari, sehingga pembayaran zakat akan sedikit berbeda setiap tahunnya. Dirimu dapat menggunakan kalkulator zakat untuk menghitung zakat tahun ini.

Apa yang Diperlukan untuk Membayar Zakat?

Syarat Zakat Maal
Ilustrasi Menghitung Zakat Credit: pexels.com/Rana

Zakat harus dibayarkan atas kekayaan daripada pendapatan. Zakat tidak hanya dibayarkan dari tabungan di rekening bank. Dirimu perlu membayar zakat untuk jenis kekayaan lainnya, seperti:

  • Emas dan perak
  • Uang tunai disimpan di rumah atau di rekening bank
  • Saham dimiliki baik secara langsung maupun melalui dana investasi
  • Uang dipinjamkan kepada orang lain
  • Saham bisnis dalam perdagangan dan barang dagangan
  • Hasil pertanian
  • Hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba
  • Properti yang dimiliki untuk tujuan investasi

Bagaimana Cara Menghitung Jumlah Zakat yang Harus Dibayarkan?

Kita tahu bahwa menghitung zakat bisa menjadi tugas yang sulit jika dirimu tidak tahu bagaimana melakukan prosesnya dengan benar. Ada begitu banyak variable untuk mempertimbangkan, jadi dirimu dapat menemukan kalkulator zakat untuk menghitung berapa banyak zakat yang perlu dibayarkan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓