5 Rahasia Menjaga Kesadaran saat Mengalami Mimpi

Annissa Wulan09 Mei 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 16:00 WIB
5 Rahasia Menjaga Kesadaran saat Mengalami Mimpi

Fimela.com, Jakarta Apa kamu pernah mengalami tidur nyenyak, lalu tiba-tiba tersadar sedang mengalami sebuah mimpi? Ini dinamakan lucid dream atau mimpi yang jernih, ketika kamu merasa berada di tengah-tengah mimpi dan tiba-tiba memiliki kesadaran bahwa kamu sedang bermimpi.

Ini pada dasarnya adalah momen ketika kamu terjaga dan tertidur di saat yang sama, memiliki kaki di kedua dunia. Keadaan ini bisa terjadi ketika kamu mengalami mimpi baik, maupun mimpi buruk.

Dilansir dari bustle.com, berikut ini adalah beberapa rahasia menjaga kesadaran saat mengalami mimpi. Penasaran?

1. Mengatur alarm 30 menit lebih awal

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan kesadaran saat mengalami mimpi adalah mengatur alarm 30 menit lebih awal dari biasanya di pagi hari. Setelah berbunyi, pastikan waktu tunda disetel selama setengah jam lagi, dan biarkan dirimu sendiri kembali tertidur.

Jendela waktu yang kecil ini akan memungkinkan kamu untuk tidur kembali dan bermimpi, tapi tidak cukup lama untuk kembali ke tahap tidur delta yang dalam, yang cenderung membuat kamu tidak dapat mengingat semua mimpi. Dengan sedikit kesadaran ekstra, kamu akan lebih mudah untuk tetap sadar jika mulai mengalami mimpi.

2. Temukan titiknya

Seringkali sulit untuk sadar saat mengalami mimpi tanpa bangun atau tertidur lelap. Tapi, justru itu bisa membantu kamu menemukan titiknya, kamu hanya perlu berkonsentrasi selama beberapa detik.

 

3. Tidur dengan tujuan ingin sadar saat mengalami mimpi

5 Rahasia Menjaga Kesadaran saat Mengalami Mimpi
Simak di sini beberapa cara menjaga kesadaran saat mengalami mimpi, penasaran?

Coba tetapkan tujuan untuk mengalami mimpi secara sadar. Ulangi niat bahwa kamu akan tersadar saat mengalami mimpi.

4. Ambil napas dalam-dalam

Teknik lainnya untuk mengembalikan kesadaran saat mengalami mimpi adalah dengan latihan pernapasan. Tarik napas secara normal selama 4 hitungan, tahan perlahan selama 4 hitungan, lepaskan perlahan selama 4 hitungan, dan tahan selama 4 hitungan. Lakukan ini beberapa kali untuk membuat tubuh dan pikiran rileks agar tidur lebih nyenyak.

5. Tuliskan mimpi dalam sebuah jurnal

Berlatihlah secara aktif untuk mengingat mimpi dan menuliskannya di pagi hari adalah dua cara untuk mengalami mimpi secara sadar. Ujilah beberapa teknik di atas untuk mencari tahu yang mana yang paling cocok untukmu.

Saksikan video menarik setelah ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓