Arti Bismillahirrahmanirrahim dan Keutamaan dalam Mengucapkannya

Kezia Prasetya Christvidya06 Mei 2021, 14:21 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 14:21 WIB
sholat

Fimela.com, Jakarta Arti Bismillahirrahmanirrahim memiliki makna yang sangat penting bagi umat Islam, sehingga banyak orang yang mengucapkan kalimat ini saat akan melakukan sebuah aktivitas. Bismillahirrahmanirrahim adalah sebuah ucapan sekaligus doa, yang merupakan bagian dari zikir bagi umat Muslim kepada Allah SWT.

Arti Bismillahirrahmanirrahim sangat penting diketahui untuk umat Muslim, karena ucapan ini memiliki manfaat dan keutamaan dalam pengucapannya. Pelafalan yang sering diucapkan umat Muslim adalah Bismilah untuk kehidupan sehari-hari.

Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim sebelum melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, dipercaya bisa mendatangkan kebaikan dan berkah untuk orang yang mengucapkannya. Bahkan arti Bismillahirrahmanirrahim ini sangat berpengaruh bagi kehidupan.

Agar lebih jelas mengenai arti Bismillahirrahmanirrahim, berikut penjelasan yang akan Fimela berikan mengenai arti Bismillahirrahmanirrahim, beserta makna dan keutamaan dalam mengucapkannya, yang dilansir dari Liputan6.com:

Arti Bismillahirrahmanirrahim

Panduan Tata Cara Puasa Ganti (Qadha)
Ilustrasi Membaca Doa Credit: freepik.com

Arti Bismillahirrahmanirrahim yang utama adalah "Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang". Umat Islam dianjurkan untuk membaca Bismillahirrahmanirrahim, saat akan memulai melakukan aktivitas harian.

Secara umum, Bismillahirrahmanirrahim memiliki arti untuk meniatkan segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah, atau bisa juga diartikan untuk meminta restu kepada Allah dan meminta kelancaran dalam melakukan sebuah kegiatan, agar apa yang dilakukan sesuai dengan kehendak Allah.

Pelafalan Bismillahirrahmanirrahim ada disemua surat Al-Quran, kecuali surat At-Taubah. Di dalam Al-Quran terdapat 144 lafal Bismillahirrahmanirrahim. Bismillahirrahmanirrahim adalah awalan dalam isi surat yang dikirim Nabi Sulaiman kepada Ratu, yang dikisahkan di dalam QS. An-Naml ayat 30 yang berbunyi:

“Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

Makna Bismillahirrahmanirrahim

Hukum Puasa Rajab
Ilustrasi Kitab Suci Al Qur’an Credit: unsplash.com/Laily

Menurut para ulama yang menafsirkan, bahwa lafal Bismillahirrahmanirrahim memiliki makna yang sangat penting, yang terbagi menjadi 4 yaitu sebagai berikut:

Awalan Bi dalam lafal Bismillahirrahmanirrahim, memiliki makna kekuasaan dan pertolongan. Sehingga orang yang melafalkan bismilah sebelum memulai sesuatu, makai a akan meniatkan perbuatannya atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah.

Makna yang kedua pada Bismillahirrahmanirrahim, memiliki makna yang berkaitan erat dengan kalimat tauhid yaitu “la ilaha illa Allah”. Kalimat tauhid adalah kalimat mulia yang membesarkan Allah. Maka makna pentung mengucapkan bismillah yaitu seseorang selalu mengagungkan Allah dalam setiap tindakan yang dilakukannya.

Maknya Bismillahirrahmanirrahim yang diucapkan, juga bisa sebagai bentuk pengakuan kepada Allah, bahwa Allah merupakan sang penguasa alam semesta yang agung.

Makna yang terakhir melafalkan Bismillahirrahmanirrahim, yaitu kalimat Bismillahirrahmanirrahim mengandung dua sifat Allah yaitu ar-rahman dan ar-rahim. Ar-rahman memiliki arti Allah Maha Pengasih, sedangkan Ar-rahim memiliki arti Allah maha penyayang.

Keutamaan membaca Bismilah

Hukum dan Niat Sholat
Ilustrasi Sholat Idul Fitri Credit: shutterstock.com

Arti dari kalimat Bismillahirrahmanirrahim adalah memohon kebaikan dan meminta berkah kepada Allah, sebelum melakukan segala sesuatu. Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim memiliki keutamaan dalam membaca Bismillahirrahmanirrahim, seperti yang dijelaskan berikut ini:

Penghalang Setan

Sebelum memulai aktivitas, mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim bisa membantu menjadi penghalang antara manusia dan setan. Sehingga setan tidak akan mengganggu aktivitas dan umat Islam terhindar dari segala sesuatu yang menyimpang dari agama.

Pembuka Rezeki

Mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim sebelum beraktivitas, juga bisa menjadi pembuka pintu rezeki bagi umat Islam. Karena kalimat Bismillahirrahmanirrahim memiliki arti, bisa membuat segala sesuatu yang akan dilakukan menjadi lancar, serta mendapatkan berkah di dalam setiap perilaku yang dilakukan.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “ Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillahirrahmanir rahiim’, amalan tersebut terputus berkahnya.” (HR. Al-Khatib).

Mencegah Musibah

Keutamaan membaca Bismillahirrahmanirrahim yang selanjutnya, yaitu bisa membantu mencegah musibah. Dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kepadamu kalimat menghadapi petaka?’ Ali kemudian mengiyakan. Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “ Jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wa la haula wala quwwata illa billahil ‘aliyyil adhim. Niscaya dengan kalimat itu, Allah akan menghilangkan petaka apapun yang Dia kehendaki.” (Imam Nawawi)

Sehingga kalau umat Islam mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, maka akan selalu dilindungi Allah, serta dijauhkan dari segala bahaya yang akan dialami dalam setiap harinya.

Melindungi Tidur

Bismillahirrahmanirrahim juga bisa diucapkan sebelum tidur. Seperti yang disampaikan Imam Muhammad Nawawi Al-Jawi, yang menukil dari Imam Ahmad As-Showi dalam kitabnya “ Kasyifatussaja” berikut:

“ Di antara keistimewaan yang dimiliki basmalah, ketika seseorang membacanya sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, dari kemalingan, dari mati mendadak, dan bencana yang lainnya.”

Lanjutkan Membaca ↓