5 Lokasi Staycation Strategis untuk Ngabuburit

Vinsensia Dianawanti06 Mei 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 18:00 WIB
Surya Kencana, Bogor

Fimela.com, Jakarta Ngabuburit menjadi aktivitas menyenangkan selama bulan Ramadan. Kegiatan jalan-jalan sambil mencari jajanan di sore hari sebelum berbuka menjadi rutinitas yang menyenangkan.

Sayangnya, tahun ini belum bisa ngabuburit sebebas tahun-tahun sebelumnya. Kita masih harus tetap berada di rumah dan menjalankan protokol kesehatan dengan situasi pandemi COVID-19 yang belum usai.

Meski demikian, ngabuburit bisa tetap menyenangkan selama pandemi COVID-19 dengan staycation bersama keluarga. Tak perlu jauh-jauh, kamu hanya perlu melihat daerah sekitar untuk mencari tempat staycation yang menyenangkan.

RedDoorz telah merangkum sejumlah lokasi strategis yang bisa menjadi tempat staycation sembari ngabuburit. Di mana saja?

1. Surya Kencana, Bogor

Selain terkenal dengan wisata alamnya, Bogor juga dikenal dengan kulinernya yang khas seperti es podeng, bir kocok, cungkring, asinan, dan kue rangi. Menariknya, berbagai kuliner ini dapat ditemukan di sepanjang jalan Surya Kencana. Memiliki banyak bangunan tua dengan ornamen Tiongkok yang eksotis, Surya Kencana menjadi tempat favorit pelancong untuk sekadar menikmati suasana sore, mengambil foto, atau mencicipi jajanan khas.

 

2. Malioboro, Yogyakarta

Malioboro, Yogyakarta
Simak lokasi staycation mana saja yang strategis untuk ngabuburit (Foto: Unsplash/Bashari Adinnasri)

Jalanan fenomenal ini sudah menjadi destinasi favorit pelancong yang berwisata ke Yogyakarta dari waktu ke waktu. Menawarkan berbagai kuliner khas Yogya seperti gudeg, lumpia, sego, pecel, hingga soto lenthok, Malioboro sangat cocok buat kamu yang mau ngabuburit dan mencicipi berbagai jenis kuliner khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain kulinernya yang lezat, Malioboro juga menyuguhkan suasana khas keraton yang indah di sepanjang jalannya.

3. Alun-alun Kota Bandung

Alun-Alun yang dibangun sekitar tahun 1811 ini telah menjadi denyut Kota Bandung. Terkenal dengan wisata kulinernya yang favorit, Bandung memiliki ragam kuliner andalan seperti mie kocok, nasi tutug oncom, ulukutek leunca, dan bandros yang siap menggoyang lidahmu saat berbuka puasa. Di Alun-Alun Kota Bandung, kamu juga bisa mengunjungi Warung Kopi Purnama yangsudah berdiri hampir selama satu abad.

4. Sungai Musi, Palembang

Kawasan Sungai Musi ini tidak hanya terkenal dengan Jembatan Amperanya saja, tapi juga kuliner menariknya di sekitar Sungai Musi. Beberapa kuliner yang bisa kamu cicipi adalah pempek, celimpungan, lakso, laksan, tekwan, ragit jalo, dan model gendum.

5. Pasar Senggol Gianyar, Bali

Bali sudah menjadi destinasi wisata favorit pelancong dalam negeri maupun luar negeri. Perpaduan antara pantai dan sawah yang dimiliki Bali menjadi daya tarik sendiri yang mampu memikat wisatawan. Soal kuliner, Bali juga jagonya. Pasar Senggol Gianyar telah terkenal menjadi lokasi populer untuk berburu jajanan.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Lanjutkan Membaca ↓