Bukan Minta Digosok Perutnya, Ini Arti Kucing yang Lagi Berbaring Miring

Iwan Tantomi10 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 10 Mei 2021, 08:00 WIB
Bukan Minta Digosok Perutnya, Ini Arti Kucing yang Lagi Berbaring Miring

Fimela.com, Jakarta Seharian bekerja, kamu pulang ke rumah dan disambut pemandangan kucing kesayangan yang berbaring miring. Menunjukkan sisi perutnya, tanganmu auto terjulur untuk membelainya. Tapi yang terjadi selanjutnya justru anabulmu langsung bangun dan menjauh. Jadi apa arti posisi kucing yang terjatuh miring ke salah satu sisi badannya?

Memberikan Salam

Memberikan Salam
credit via shutterstock

Perut kucing merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sensitif. Jika anabulmu merasa cukup nyaman, mungkin akan berguling ke samping untuk memperlihatkan perutnya. Tapi bukan untuk meminta dibelai, tapi hanya memberi tanda jika memercayai pemiliknya.

Alasan lainnya, kucing berguling ke samping untuk menyapamu saat merasa malas. Kebiasaan ini biasanya akan dilakukan saat baru saja membangunkannya dari tidur siang atau menemukan tempat yang nyaman.

Minta Diajak Bermain

Minta Diajak Bermain
credit via shutterstock

Saat membawa mainan favoritnya, kucingmu mulai berguling ke samping dan siap untuk bermain. Berbeda dengan postur tubuh yang tampak siap menyerangnya, anabulmu tetap bersemangat main tanpa melibatkan naluri agresifnya.

Mirip dengan postur bertahan, tetapi dalam versi yang menyenangkan. Bisa jadi ini momen yang tepat bagimu untuk membelai perutnya, yang akan dibalas dengan tepukan ringan dari kakinya atau pura-pura menggigitmu.

Posisi Bertahan

Posisi Bertahan
credit via shutterstock

Jika memiliki lebih dari satu kucing di dalam rumah, salah satunya mungkin berguling ke samping sebagai isyarat tunduk. Tetap mengangkat salah satu kakinya untuk berjaga-jaga, anabul akan melakukannya saat menyadari kalau penyerangnya terlalu besar untuk dilawan. Hanya karena sudah pasrah, bukan berarti hewan peliharaanmu tak berbahaya, lho.

Penyakit

Penyakit
credit via shutterstock

Jika kucingmu cukup sering jatuh miring, itu bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih serius. Hipoplasia cerebellar yang mirip dengan cerebral palsy pada manusia. Ini mempengaruhi otak kecil, bagian otak yang mengontrol gerakan dan keseimbangannya. Kondisi ini bisa dipicu oleh indukannya yang terkena distemper atau kekurangan gizi saat hamil, otak kecil anabulmu mungkin tidak berkembang dengan baik.

Selain itu, ada juga kondisi ataksia yang memengaruhi keseimbangan, anggota tubuh, dan bahkan kepalanya. Sering terjatuh, pemicu bisa berasal dari masalah saraf, kanker, trauma, atau infeksi telinga bagian dalam. Jika kucingmu kesulitan untuk tetap tegak, segera konsultasikan pada dokter hewan untuk mendapatkan penanganan segera.

Muezza
credit: Muezza

Siapa sangka kalau posisi kucing saat rebahan miring juga bisa jadi gejala gangguan kesehatan. Menjaga asupan nutrisi harian bisa jadi cara jitu untuk menjauhkan anabul dari penyakit. Berikan Muezza yang hanya dibuat dari bahan alami, tanpa penambahan bahan sintetik. Prosesnya pun memanfaatkan teknologi modern dan pengawasan dari ahli gizi, untuk memastikan kualitas nutrisi cat food.

Tersedia dalam 4 pilihan rasa, Muezza sudah mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tak perlu was-was memberikan dry food secara langsung, begitu juga saat terkena air liur kucing baik saat membelai atau mencuci wadah makannya di tempat cuci piring. Tunggu apalagi, pilih Muezza sebagai cat food harian kucingmu di Shopee dan Tokopedia. [eth]

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

 

Lanjutkan Membaca ↓