Tips Mengolah THR agar Lebih Bermanfaat

Ayu Puji Lestari09 Mei 2021, 09:05 WIB
Diperbarui 09 Mei 2021, 09:05 WIB
Keuangan

Fimela.com, Jakarta Menjelang Lebaran, momen yang dinanti adalah saat menerima THR. Melalui virtual event Ruang Tamu Keluarga Kejar Mimpi, Vibrie VB dan Samuel Wang berbagi cerita menarik mereka tentang cara memanfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR) yang lebih bermanfaat khususnya di situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Mengangkat tema “ THR Cair, Self Love atau Investasi" virtual event (talk show) kali ini hadir dengan cerita yang sangat menginspirasi. Di sela-sela kesibukannya menjadi seorang blogger dan juga mompreneur, Vibrie VB menyempatkan diri berbagi inspirasi kepada seluruh peserta Ruang Tamu Keluarga Kejar Mimpi pada Jumat lalu mengenai bagaimana dirinya sukses menjadi seorang blogger dan juga mompreneur.

Ada 3 tips yang diberikan Vibrie untuk sukses menjalankan keduanya yang pertama tentukan skala prioritas agar dapat mengetahui mana saja prioritas yang harus diselesaikan untuk mencapai goals yang diharapkan.

Kedua, bangun super sistem yang dapat mendukung, dan ketiga mau mempelajari tentang menjadi blogger dan menjadi mompreneur agar memiliki informasi-informasi penting yang mendukung tentunya seperti informasi mengenai investasi yang penting untuk dipelajari terutama untuk kepentingan tabungan masa depan.

Memanfaatkan THR dengan Lebih Bermanfaat

THR Cair, Self Love atau Investasi
THR Cair, Self Love atau Investasi

Berbicara soal investasi, Vibrie berbagi cerita bagaimana dirinya dalam memanfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk kegiatan yang lebih bermanfaat mulai dari membayar cicilan, memberikan hampers untuk membantu UMKM sampai menginvestasikan THR untuk tabungan masa depan dalam bentuk emas atau properti.

Adanya larangan mudik tahun ini, membuat dana THR yang biasanya digunakan untuk mudik sebagian dialihkan untuk investasi sebagai tabungan masa depan oleh Vibrie. Tapi tentu saja tidak lupa THR juga digunakan untuk zakat loh, apalagi saat ini melakukan zakat, infak, sedekah, dan wakaf bisa dilakukan lewat aplikasi OCTO Mobile persembahan CIMB Niaga Syariah yang bisa dilakukan di mana saja, kapan saja.

Tidak hanya itu saja, lewat aplikasi mobile banking OCTO Mobile pengguna juga dapat memilih jenis investasi yang ingin dipilih mulai dari reksadana, obligasi, dan masih banyak lagi.

Jadi, investasi apa ya yang ingin dipilih obligasi, reksadana atau apa ya? Nah kali ini akan dibahas oleh Samuel Wang yang merupakan seorang Wealth Management Specialist PT. Bank CIMB Niaga tbk.

Bijak memanfaatkan THR untuk investasi menjadi pilihan dari Samuel Wang

Bijak memanfaatkan THR untuk investasi menjadi pilihan dari Samuel Wang
Bijak memanfaatkan THR untuk investasi menjadi pilihan dari Samuel Wang

Tidak perlu diragukan lagi jika berbicara soal investasi langsung dari ahlinya seperti pembahasan di Ruang Tamu Keluarga Kejar Mimpi bersama Samuel Wang kali ini. Situasi pandemi Covid-19 kali ini semakin membuat banyak orang mulai melirik kearah investasi. Pertanyaannya kok bisa ya? Nah, ini dia yang akan dijelaskan oleh Samuel Wang.

Adanya situasi pandemi Covid-19 membuat dampak yang cukup besar banyak pengurangan karyawan, pemotongan gaji dan lainnya. Hal ini akan lebih mudah dihadapi ketika sebuah keluarga memiliki dana cadangan atau investasi yang telah dipersiapakan sehingga memudahkan untuk memenuhi kebutuhan selama masa-masa sulit ini.

Kebutuhan yang penting untuk dana cadangan ada dua hal pertama proteksi dan kedua investasi. Jika proteksi perlengkapan untuk Kesehatan dan juga peninggalan untuk keluarga saat ditinggalkan maka, investasi merupakan penopang hidup ketika menghadapi kesulitan atau masa pensiun serta ada juga investasi untuk dana pendidikan anak.

Lalu darimana dana untuk investasi? bisa menggunakan pendapatan yang disisihkan sekitar 5-6% setiap bulannya secara konsisten dan bisa dinaikkan ketika memiliki pendapatan lebih seperti THR misalnya. Akan tetapi menurut Samuel investasi tentu memiliki resiko, maka daripada itu sesuaikan dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki untuk memilih jenis investasinya. Sebagai pemula Samuel menyarankan untuk memilih reksadana pasar uang atau pendapatan tetap dengan profile lebih konservatif dan nilainya relative lebih murah mulai dari Rp100.000.

Apabila ingin meningkatkan jenis investasinya maka, dapat dipelajari terlebih dahulu mengenai investasi tersebut sebelum memutuskan. Jadi, tertarik mencoba untuk mengalihkan THR tahun ini untuk mencoba investasi bagi masa depan? Buat yang ingin ikutan acarannya info selengkapnya dapat mengunjungi situs berikut hayaonline.dream.co.id. Jangan lupa saksikan Ruang Tamu Keluarga Kejar Mimpi selanjutnya dengan tema dan bintang tamu yang tidak kalah istimewa loh.

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
Mengenal Yakup Hasibuan, Pacar Baru Jessica Mila