6 Tips Berhenti dari Kebiasaan Buruk Terlalu Overthinking Tentang Hubungan

Gayuh Tri Pinjungwati11 Mei 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 18:15 WIB
Partner romantis

Fimela.com, Jakarta Terkadang seseorang menjadi paranoid tentang hubungan mereka. Masalahnya adalah, terkadang kita menjadi terlalu paranoid tentang kemungkinan terluka sehingga kita cenderung mengabaikan kesempatan untuk membuat hubungan itu berhasil. Alih-alih mencintai tanpa pamrih, kita menghalangi diri kita untuk menjadi pasangan terbaik yang kita bisa karena takut dimanfaatkan. Pada akhirnya, kita kehilangan kesempatan untuk menikmati cinta sepenuhnya.

Terkadang, ketakutan dan kekhawatiran kita tidak memiliki dasar dan mungkin benar-benar tidak akan pernah terjadi. Terlalu banyak berpikir dan khawatir hanya bisa membawa kita pada depresi dan rasa tidak aman. Jika dirimu tidak ingin ini terjadi padamu, maka pilihlah untuk berhenti dari kebiasaan tersebut dengan tips berikut ini.

1. Pilih Seseorang yang Bisa Dipercaya

Jika dirimu belum menjalin hubungan, anggap ini sebagai tindakan pencegahan yang penting. Jangan berkomitmen pada seseorang yang dirimu tidak yakin dapat dipercaya sepenuhnya. Sebaliknya, kenali dia lebih baik, mulai dari latar belakang, hubungan masa lalu, dan karakternya.

2. Bangun Kepercayaan

Kepercayaan adalah salah satu pilar terpenting dalam suatu hubungan. Sehubungan dengan nomor satu, pastikan kalian berdua telah membangun kepercayaan terlebih dahulu sebelum berkomitmen satu sama lain. Cara terbaik untuk melakukannya adalah melalui persahabatan.

3. Bersiap Mempertaruhkan Semuanya

Partner romantis
Ilustrasi/copyrightshutterstock/Blue Planet Studio

Pada saat dirimu telah memutuskan untuk memberi hubungan itu kesempatan, bersedia mengambil risiko semuanya dan itu melibatkan kesiapan untuk disakiti. Cinta adalah pertaruhan, dan tidak ada jaminan bahwa dirimu akan benar-benar berakhir bersama. Namun, kalian berdua bisa memberikan yang terbaik untuk membuatnya bertahan lama.

4. Jadilah Diri Sendiri yang Bisa Dipercaya

Terkadang, rasa bersalah adalah alasan mengapa kita mencurigai orang lain. Oleh karena itu, jangan lakukan pada pasanganmu apa yang dirimu tidak ingin dia lakukan padamu. Sebelum menuntut kesetiaan dan kejujuran dari pasangan, pastikan bahwa dirimu juga mampu memberikannya sepenuhnya.

5. Terlibat Dalam Dunianya

Cara lain untuk memperkuat kepercayaan kepada pacar adalah dengan membangun hubungan yang harmonis dengan orang-orang di sekitarnya, termasuk keluarga, teman, dan kolega. Mengenal mereka, dan bahkan memperlakukan mereka sebagai teman atau keluarga, akan menghilangkan rasa takut akan pengkhianatan karena kepercayaan telah dikembangkan. Dirimu berhenti melihat mereka sebagai saingan atau ancaman, dan sebaliknya, dirimu merasa lebih aman mengetahui mereka dapat membantu melindungi hubunganmu.

6. Berhenti Menemukan Kesalahan

Daripada mencari alasan mengapa dirimu tidak harus mempercayai pacarmu, mengapa tidak fokus pada usahanya untuk menjadi pasangan yang baik untukmu? Jika dirimu tidak pernah memergokinya berbohong atau melakukan sesuatu yang mencurigakan, mungkin tidak ada alasan untuk bersikap jahat sama sekali. Dirimu mungkin hanya menjadi paranoid dan paranoia ini bisa menjadi penyebab berakhirnya hubunganmu. Pikirkan tentang betapa diberkatinya dirimu memiliki pasangan, betapa kalian berdua saling mencintai, dan bagaimana kalian bisa menjadi pacar yang lebih baik.

Meyakinkan pasangan bahwa dirimu tidak mempercayainya dapat memperkuat motivasinya utnuk tetap setia kepadamu. Namun pastikan utnuk tidak terdengar seperti dirimu menuntut atau mengancam dia untuk menjaga kepercayaan itu.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓