Yuk, Ambil Cuti! Ini 4 Tanda Kamu Butuh Istirahat dari Pekerjaan

Gayuh Tri Pinjungwati08 Jun 2021, 18:15 WIB
Diperbarui 08 Jun 2021, 18:15 WIB
single

Fimela.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bahwa orang menghindar dari mengambil cuti untuk mengatasi kebutuhan atau masalah kesehatan mental. Apakah dirimu menderita penyakit atau merasa terlalu banyak bekerja atau kewalahan, terkadang hanya perlu istirahat kesehatan mental dari pekerjaan.

Kesejahteraan di tempat kerja bukan hanya tentang kesehatan fisik, tetapi itu jauh lebih luas. Kesejahteraan manusia seutuhnya melampaui kesehatan fisik, nutrisi, dan olahraga, ini adalah kesejahteraan fisik, emosional, finansial, dan pekerjaanmu. Kita tahu bahwa stres kronis dapat menyebabkan depresi dan tempat kerja yang beracun dapat merusak kesehatan mental. Berikut ini adalah beberapa tanda pasti dirimu perlu beristirahat dengan mengambil cuti kerja.

Dirimu Merasa Tidak Bisa Fokus

Ketika pikiranmu sedang overdrive, roda berputar begitu cepat sehingga dirimu kehilangan gambaran besarnya. Dan ini pada akhirnya menyebabkan sejumlah besar stres, ditambah risiko kesehatan.

Batasi gangguan, prioritaskan pekerjaanmu dan menjauhlah dari meja kerja untuk mengumpulkan pikiran kembali. Tetapkan batasan realistis untuk diri sendiri sehingga dirimu tidak terlalu berkomitmen dan akhirnya kewalahan.

Menunjukkan Tanda-tanda Stres Fisik

Jam kerja yang panjang sebenarnya dapat menyakiti tubuhmu. Sementara manfaat jangka pendek dari bekerja lembur bisa menjadi besar dan bahkan kadang-kadang bermanfaat bagi kehidupan profesional dan pribadi, efek jangka panjang dari jam kerja yang panjang lebih dari sekadar kelelahan. Ketegangan pekerjaan, tuntutan tinggi ditambah dengan kebebasan pengambilan keputusan yang rendah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit koroner.

Tidak Melakukan Perawatan Diri

menikmati masa single
Menikmati waktu./Copyright shutterstock.com/g/Chankowet

Karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, dirimu mungkin mengabaikan dengan perawatan diri. Ini sangat dibutuhkan untuk menghilangkan stres karena beban kerja. Ketika dirimu tidak lagi melakukan perawatan diri, dirimu akan mengalami gejala burnout.

Merasa Kosong

Kurang tidur dan gizi buruk adalah dua dari tanda yang paling jelas, namun diabaikan bahwa sudah waktunya untuk istirahat kesehatan mental. Tidak hanya energi fisik yang berkurang, energi emosional dan kecerdasanmu juga terpengaruh. Tidur yang baik sangat penting untuk kesehatan yang baik, dan ketika dirimu cukup istirahat, dirimu cenderung merasa lebih fokus, berenergi, dan siap untuk menjalani hari.

Sebelum dirimu dapat memenuhi tenggat waktu, tanggung jawab, dan kewajiban, dirimu harus menjaga kesehatan mental dan kesehatan fisikmu. Saat dirimu berada di jalan menuju kelelahan, kenali tanda-tanda bahwa mungkin sudah waktunya untuk istirahat kesehatan mental dari pekerjaan dan ambil tindakan.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Lanjutkan Membaca ↓
PLAYLIST VIDEO 22 JUNI 2021