Sukses

Lifestyle

Cara Mengakhiri Hubungan Tanpa Status yang Tak Ada Kejelasan

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang mau digantung? Hubungan tanpa status itu jelas-jelas bikin sakit hati. Pasangan tak memberikan kejelasan tetapi dia menuntutmu layaknya seorang kekasih. Dia memintamu menjaga hati, sementara dia tak mau memberikan komitmennya. Daripada terus-terusan makan hati, inilah cara keluar dari hubungan tanpa status yang tak ada kejelasan.

1. Jelaskan keinginanmu

Saat dirimu mulai nyaman bersama seseorang, dan orang tersebut memiliki perasaan yang sama, jangan biarkan hubungan tersebut mengalir begitu saja. Setelah beberapa waktu, coba tanyakan bagaimana sebenarnya perasaan dia kepadamu. Dan jelaskan apa yang kamu inginkan dalam hubungan dan jika ia hanya ingin hubungan mengalir tanpa kejelasan, maka kamu bisa meninggalkan hubungan tersebut.

2. Mengatakannya secara langsung

Hindari mengutarakan hal penting lewat pesan teks atau telepon, dan lebih baik mengutarakannya secara langsung. Ini untuk menghindari kesalahpahaman dan kamu juga bisa melihat secara langsung bagaimana ekspresinya saat kamu menanyakan langsung tentang kejelasan hubungan kalian. Kamu bisa menilai bahwa ia orang yang serius atau bukan.

3. Memantapkan niat

Kamu harus memahami dengan betul alasan dan penyebab mengapa kamu tak ingin lagi berada dalam hubungan tanpa status ini. Misalnya karena kamu ingin segera melanjutkan ke hubungan yang lebih serius, kamu ingin segera mengenalkan pasangan ke keluarga atau ingin hubungan yang eksklusif. Ini penting dilakukan untuk menyamakan tujuan dalam hubungan ke depannya. Dan jika tak ditemukan kesamaan maka kamu bisa mengakhirinya.

4. Buat batas hubungan yang jelas

Jangan pernah mengorbankan dirimu untuk orang lain. Saat pasanganmu tak memberimu kejelasan status hubungan namun di sisi lain mereka juga mengontrolmu. Kamu harus bisa bersikap tegas, jangan mau dipermainkan dengan konsep seperti ini yang hanya merugikan diri sendiri. Kamu harus mengutarakan apa yang kamu rasakan dan yang tak kamu sukai dari hubungan seperti ini.

5. Berikan alasan yang jelas untuk mengakhirinya

Memang tidak mudah mengakhiri hubungan bahkan jika itu hubungan tanpa status. Jika dirimu sudah mengutarakan keinginan untuk mengakhirinya dan pasangan tidak mau menerima alasanmu. Maka berilah penjelasan yang jelas dan jangan tutup-tutupi alasannya. Semua harus diutarakan secara blak-blakan agar dia juga bisa memahami kondisimu.

Mengakhiri atau tetap dalam hubungan tanpa status memang menjadi hak setiap orang dan tergantung dari kesepakatan masing-masing. Jika keduanya sepakat berada dalam hubungan tanpa status, maka sah-sah saja kamu bertahan di dalamnnya, tetapi jika tak ada kesepakatan yang ujung-ujungnya merugikan salah satu pihak, maka lebih baik diakhiri saja.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading