Sukses

Lifestyle

7 Bukti Kalau 'Smartphone' Berbahaya dalam Jangka Panjang

Fimela.com, Jakarta Zaman sekarang, smartphone nampaknya sudah menjadi hal yang lumrah untuk dipunya siapa saja. Ibarat kata, menjamurnya  smartphone seperti kacang goreng yang siapa saja bisa beli dan konsumsi. Namun, di balik penggunaan handphone pintar, terdapat beberapa bahaya dan risiko yang mengintaimu. Apa saja? Berikut ulasannya.

Penglihatanmu bisa terganggu. Dalam dunia kedokteran disebut CVS (Computer Vision Syndrome). Gejalanya? Mata kering, sakit kepala, pandangan kabur, dan parahnya bisa bikin rabun jauh. Penyebabnya karena kamu menatap layar smartphoene terlalu sering dan lama.

Gangguan pendengaran (tinnitus), yaitu berupa terdengarnya bunyi tidak normal berulang di telingamu. Kamu berisiko terkena penyakit tersebut kalau kamu menggunakan smartphone 10 menit atau lebih dalam sehari.

Kamu berisiko terkena kelainan postur tubuh. 91 persen pengguna smarphone atau ponsel biasa membuat postur tubuh yang hiper-flex atau menunduk terlalu dalam dan dalam waktu lama. Utuk usaha pencegahan, kamu bisa rajin berolahraga dan minum air putih.

Susah tidur. Sebuah penelitian menunjukkan kalau radiasi ponsel bisa mengganggu waktu tidur jadi lebih pendek 8 menit. Menurut penelitian yang dilakukan WHO (World Health Organization) ada hubungan antara radiasi ponsel dan kanker otak. Sebaiknya, matikan smartphone-mu menjelang tidur.

Meningkatkan risiko kecelakaan saat bekendara. Mata yang lebih fokus ke layar ponsel saat berkendara bisa mencuri perhatianmu dari pandangan di depan.

Meningkatkan risiko ketinggalan angkutan umum. Yap! Sama seperti risiko kecelakaan saat berkendara, kamu juga bisa mengalami risiko ketinggalan bus, angkutan kota, pesawat, atau angkutan umum lainnya karena terlalu asik nge-Path.

Diputusin pacar. Saat sedang berdua, kamu lebih asyik dengan smartphone-mu. Bisa-bisa pacarmu ngamuk dan kamu diputusin, deh! :(

Itulah 7 bukti kalau smartphone-mu bisa jadi bahaya kalau kamu nggak menggunakannya dengan bijak. So, hati-hati ya, Guys! Jangan sampai kamu sakit perasaan dan sakit fisik secara bersamaan. :p

Baca juga: 5 Cara Mudah Supaya Kamu Nggak Ketergantungan Smartphone

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading