Sukses

Lifestyle

Studi: Tahi Lalat di Lengan Kanan Indikasikan Kanker Kulit

Fimela.com, Jakarta Keberadaan tahi lalat pada tubuh manusia merupakan sebuah karunia dari Tuhan. Noda hitam ini bersifat umum dan nggak bisa ditolak kehadirannya. Tahi lalat sendiri bisa muncul di mana saja. Beberapa orang menganggap tahi lalat menjadi sebuah ciri khas seseorang. Namun, pada dunia medis, tahi lalat sendiri dianggap sebagai tumor jinak yang sifatnya menetap dan bisa saja tumbuh.

Pada beberapa orang, kemunculan tahi lalat bisa dari sejak lahir, namun bisa juga tumbuh saat dewasa. Banyak faktor yang memicu munculnya tahi lalat di tubuh seseorang, salah satunya adalah genetik. Meski bersifat umum dan tak berbahaya, tapi jika tahi lalat tumbuh relatif banyak di satu tempat, kamu harus waspada akan hal itu. Terutama di lengan kanan.

Tahi lalat bersifat umum dan tidak berbahaya. (Via: pinterest.com)

Menurut sebuah penelitian, tahi lalat bisa diindikasikan sebagai pengukur risiko penyakit kanker. Para ahli berpendapat bahwa seseorang yang memiliki lebih dari 100 tahi lalat di tubuh memiliki risiko yang lebih besar terkena melanoma. Untuk memastikannya, nggak mungkin kalau dokter menghitung satu persatu di tubuh pasien. Baru-baru ini, sebuah penelitian menunjukkan kalau kini dokter bisa memperkirakan risiko melanoma lewat tahi lalat di lengan kanan pasien. Jika terdapat 11 atau lebih tahi lalat pada lengan kanan, maka pasien memiliki risiko melanoma yang lebih tinggi.

Tapi, kalau lebih dari 11 di lengan kanan bisa menjadi indikasi kanker kulit. (Via: whatclinic.com)

Penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology pada Senin (19/10), menjadikan 3.594 orang sebagai responden. Merka dibagi menjadi dua bagian, yakni laki-laki dan perempuan yang semuanya memiliki perawat untuk menghitung banyak tahi lalat di 17 bagian tubuh mereka. Para peneliti menemukan bahwa jumlah tahi lalat di lengan kanan memiliki prediksi kanker kulit.

Pada laki-laki, tahi lalat juga bisa berpotensi timbul risiko kanker kulit. (Via: wdish.com)

Perempuan yang memiliki lebih dari 7 tahi lalat di lengan kanan mereka sembilan kali lebih mungkin untuk memiliki 50 tahi lalat di seluruh tubuh. Sedangkan orang dengan lebih dari 11 tahi lalat di lengan kanan, lebih mungkin untuk memiliki 100 tahi lalat di tubuh mereka. Daerah lain dari tubuh perempuan yang menonjol sebagai daerah prediksi penyakit kanker kulit berada di atas siku kanan, dan kaki. Sedangkan pada laki-laki di punggung.

Baca juga: Tingkatkan Kesadaran Bahaya Kanker Payudara Lewat 'No Bra Day'

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading