Sukses

Lifestyle

Tak Perlu Mendendam, Ini 5 Cara Lupakan Kesalahan Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Kamu pasti sadar kalau setiap orang pasti melakukan kesalahan. Termasuk kamu. Kesalahan memang kadang menghambat kesuksesan. Tapi ini hanya akan terjadi kalau kamu tidak berusaha memperbaiki kesalahanmu itu. 

Nah, dalam upaya itulah, banyak orang yang justru tak mampu memaafkan diri mereka sendiri atas kesalahannya di masa lalu. Hal ini mungkin wajar bagi beberapa orang. Tapi, terlalu terikat pada kesalahan di masa lalu justru akan mengikat kedua kakimu hingga tak bisa melangkah ke masa depan. Apa lagi kalau kamu sampai menyimpan dendam dan membenci diri sendiri. Makanya, lupakan sejenak kesalahanmu yang lalu. 

Penting untuk mengetahui dan menganalisa kesalahanmu. Tapi, jangan sampai kamu menghukum dirimu sendiri terlalu berat. 

 

A photo posted by Raluilui (@luiyukkiu_rachel) on

Kamu boleh saja berhati-hati agar tidak masuk ke dalam lubang yang sama. Namun jangan juga terikat pada masa lalu sehingga langkahmu tersendat. 

 

A photo posted by G (@sanely_crazy_x) on

Semua orang punya salah. Begitu juga kamu. Jangan terlalu dipikirkan apa kesalahan tersebut. Pikirkan bagaimana caranya agar tidak mengulanginya di masa depan. 

 

A photo posted by @cris_gabber on

Sibukkan dirimu dengan banyak hal yang bisa meningkatkan kemampuan dan kreativitasmu. Semakin pikiranmu terbuka, semakin lapang dadamu untuk memaafkan dirimu sendiri. 

 

A photo posted by Rachel (@rachellmariee3) on

Cari kesalahan yang lain. Dari pada kamu jatuh di lubang yang sama, lebih baik kamu terperosok pada lubang yang berbeda. Artinya, jangan terlalu terikat pada kesalahan di masa lalu. Tak mengapa kalau kamu melakukan kesalahan lagi di masa depan. Asal, bukan kesalahan yang sama. 

 

A photo posted by ucciu75 (@ucciu75) on

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading