Sukses

Lifestyle

Suvenir Kampanye Donald Trump Ternyata Buatan Klaten!

Fimela.com, Jakarta Pemilihan Presiden Amerika ke-45 telah yang berlangsung pada 8 November lalu. Donald Trump sudah keluar sebagai pemenang dengan mengalahkan pesaingnya, Hillary Clinton. Kemenangan ini tentu saja diantaranya berkat strategi kampanye yang jitu dan berhasil menarik minat banyak warga Amerika Serikat (AS).

Dalam pelaksanaan kampanye banyak hal yang dinilai bisa menjadi daya tarik. Salah satunya adalah suvenir kampanye yang unik. Suvenir yang dibagikan saat kampanye Trump diantaranya adalah miniatur gitar. Yang menarik dan cukup mengejutkan, suvenir keren itu ternyata buatan orang Indonesia, tepatnya buatan Klaten!

Miniatur Gitar di kampanye Donald Trump. foto: antara

Seperti dilansir dari laman Panduan Wisata, pembuat suvenir gitar itu adalah Pramono (42 tahun) yang tinggal di sebuah desa kecil di timur Gunung Merapi, di Kabupaten Ngawen, Klaten, Jawa Tengah. Pramono sudah menekuni pembuatan miniatur gitar sejak 2003, berawal dari hanya sebagai penyetor barang setengah jadi miniatur gitar ke perajin daerah Yogyakarta.

Sampai suatu waktu Pramono berani untuk berdiri sendiri dengan memproduksi gitar model baru dan memasarkannya ke pasar Internasional. Melalui eksplorasi kreatifnya, ia telah membuat miniatur gitar kelas dunia sebagai oleh-oleh. Bahkan kreasinya ini membuat Fender, sebuah perusahaan musik memberikan lisensi kepada Pramono untuk menghasilkan miniatur gitar mereka. Wuih, keren banget ya...

Miniatur Gitar di kampanye Donald Trump. foto: antara

Saat ini Pramono sudah memiliki sekitar 60 karyawan untuk menghasilkan miniatur gitar berukuran sekitar 25 sentimeter untuk dijual ke seluruh dunia. Donald Trump sendiri menurutnya, memesan 15 ribu miniatur gitar Gibson Les Paul. Pramono mengatakan Trump mendistribusikan miniatur gitar tersebut sebagai suvenir dari kampanyenya.

Calon presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump saat berkampanye di Mar-A-Lago Resort di Palm Beach, Florida (REUTERS/Joe Skipper)

Hebat, ternyata hasil karya pelaku usaha kecil menengah milik masyarakat Indonesia sudah menembus pasar Internasional. Dari Klaten berhasil menembus AS dan salah satu pembelinya adalah Donald Trump.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading