Sukses

Lifestyle

Mantan Presiden Kuba Fidel Castro Meninggal Dunia

Fimela.com, Jakarta Kabar duka yang mengejutkan datang dari Kuba. Mantan Presiden negara tersebut Fidel Castro meninggal dunia. Fidel Alejandro Castro Ruz mengembuskan napas terakhir pada usia 90 tahun pada 25 November kemarin waktu Kuba. Selain pernah menjabat sebagai presiden, Catro adalah pemimpin revolusi komunis Kuba.

Seperti dilansir dari liputan6.com, keterangan mengenai meninggalnya Castro disampaikan oleh TV Nasional Kuba. Namun sampai saat ini belum ada keterangan lebih lanjut tentang penyebab meninggalnya kakak Raul Castro itu dan kapan dan dimana akan dimakamkan.

Marita Lorenz dan Fidel Castro (remezcla)

Castro memerintah Kuba hampir setengah abad dari tahun 1958 sampai 2008. Ia menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul pada 2008 lalu karena kondisi kesehatannya yang mulai menurun sejak 2006. Bagi para pendukungnya Castro dinilai sebagai pahlawan. Pasalnya, lewat revolusi komunis kekuasan Kuba lewat jasanya dikembalikan kepada rakyat.

Namun, untuk lawan politik dan penentangnya Castro disebut tak ubahnya dengan pemimpin Kuba sebelumnya. Ia memerintah dengan tangan besi dan represif.

Fidel Castro | via: infobae.com

Castro juga memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat (AS) dan lebih memilih berkoalisi dengan Rusia dan China. Belakangan setelah dipimpin Raul Castro, hubungan Kuba dan AS mulai mencair dan mulai membuka hubungan diplomatik kembali.

Castro yang jarang tampil di depan umum sempat tampil di depan publik saat perayaan ulang tahunnya ke-90 pada Agustus lalu. Fidel Castro tampil bersama Raul Castro di sebuah teater di Havana. Di acara yang disiarkan langsung oleh televisi Kuba itu Fidel Castro memakai pakaian olahraga.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading