Sukses

Lifestyle

Gempa 6,4 SR, Bangunan di Pidie Jaya Aceh Roboh

Fimela.com, Jakarta Menyusul gempa berkekuatan 6,4 skala richter (SR), Rabu (7/12) pagi, bangunan di Pidie Aceh Jaya roboh dan mengakibatkan satu orang meninggal, sementara puluhan lainnya terluka. Menurut keterangan Relawan Sentra Komunikasi Mitra Polri (Senkom) Aceh, Royan, seperti dimuat Antara, korban meninggal adalah warga bernama Wahid.

Dilaporkan, korban luka berat dan ringan terpaksa dirawat di luar, lantaran khawatir gedung akan roboh karena gempa susulan sempat terjadi. Royan mengatakan, pihaknya kewalahan karena keterbatasan relawan dan tempat. Akibat tertimba bangunan roboh, disebutkan korban yang sebagian anak-anak itu mengalami patah tulang.

Ilustrasi gempa

Sebagaimana diwartakan Antara, keterbatasan tenaga medis membuat penanganan korban kian lama. Sementara akibat gempa yang mengguncang sekitar pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12), dilaporkan sejumlah bangunan, termasuk masjid dan pertokoan, di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, roboh. Namun demikian, BMKG memastikan gempa tak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), seperti dimuat Antara, setidaknya terjadi lima kali gempa susulan pascagempa 6,4 Skala Richter yang mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Rabu (7/12) pagi, di mana dampak gempa bumi tektonik berupa guncangan melanda daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

Seperti diketahui, gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Lewat kicauan di akun Twitternya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa terjadi sekitar pukul 05.03 WIB, Rabu (7/12), di kedalaman 10 kilometer.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa Aceh

What's On Fimela
Loading