Sukses

Lifestyle

Kenapa Kamu Harus Kurangi Konsumsi Gula?

Fimela.com, Jakarta Para pasien yang menderita penyakit gula atau kencing manis, yang sebenarnya merupakan diabetes, akan diwajibkan untuk mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Ternyata, bukan hanya mereka saja yang harus mengurangi kadar gula pada setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tapi, orang-orang sehat sepertimu juga perlu, lho!

Karena itu, kamu mulai sekarang sebaiknya mengurangi pemakaian gula pada saat memasak dan juga minum kopi serta teh. Tapi, gula bukan cuma gula pasir saja. Ada banyak makanan dan minuman kemasan yang mengandung banyak gula. Apa lagi gula buatan. Tapi, apa sih alasan sebenarnya kamu tak harus mengurangi konsumsi pada gula? 

Dilansir dari Authority Nutrition, gula tambahan pada makanan dan minuman yang sudah diproses serta gula yang terbuat dari sirup jagung mengandung dua jenis senyawa. Setengahnya adalah glukosa, dan setengahnya lagi adalah fruktosa (sirup jagung). Glukosa memang dibutuhkan oleh tubuh dan dapat dicerna. Namun fruktosa hanya bisa diproses oleh liver.

Sadarkah Anda bahwa beberapa jenis makanan dan minuman ini justru mengandung gula? Penasaran apa saja? Simak di sini.

Namun, ketika fruktosa dalam jumlah besar masuk ke liver, sementara liver sudah penuh dengan glikogen. Jadi, akhirnya, fruktosa itu akan berubah menjadi lemak. Selain itu, fruktosa ini tak mengandung vitamin atau mineral. Jadi, sebaiknya kamu kurangi konsumsi pada gula, ya. Agar tak gemuk dan berisiko memiliki penyakit serius seperti jantung, diabetes, dan lainnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah.

    Diabetes

  • Liver

  • gula

What's On Fimela
Loading