Sukses

Lifestyle

Tak Sadar, Sebenarnya Kamu Juga Pelaku Korupsi

Fimela.com, Jakarta Siapa bilang korupsi itu cuma dilakukan pejabat? Ternyata nggak lho,  korupsi itu bisa dilakukan siapa saja, termasuk kamu. Kamu harus tahu girls kalau korupsi itu bukan cuma terkait dengan penyelewengan uang rakyat, tetapi juga segala hal yang tak sesuai dan merugikan orang lain lho.

Kamu mungkin nggak sadar kalau kamu telah melakukan korupsi yang kerap dilakukan setiap hari, salah satunya korupsi waktu. Telat itu itu masuk tindakan korupsi lho, kenapa? Jelas karena kamu melanggar aturan, bahkan kamu bisa merugikan orang lain. Contoh kecilnya, kamu terlambat datang ke kampus, sedang hari itu adalah giliran kamu dan kelompokmu presentasi. Bisa pupus deh dapat nilai tinggi.

Ilustrasi terlambat. (via. huffingtonpost)

Contoh korupsi lainnya adalah titip absen. Ayo ngaku, kamu pernah kan titip absen sama teman kamu? Ini juga tindakan yang merugikan orang lain girls. Kalau temanmu sampai ketahuan dosen menandai absenmu kasihan kan? Bukan cuma kamu yang dapat hukuman, temanmu juga.

Nyontek, iya nyontek juga bagian dari korupsi karena kamu mengambil jawaban orang lain. Hukuman untuk tindak korupsi ini pun beragam, hukuman sosial seperti menahan malu karena ketahuan nyontek sih sudah masuk jadi hukuman yang cukup berat ya girls. Malu itu gak ada obatnya dan nggak bisa ditutupin. Sama kayak kamu tiba-tiba jatuh saat pakai high heels di depan gebetan, malunya nggak ketulungan. 

Ilustrasi dalam kereta. (via. Pinterest)

Selain tigal hal di atas, tindak korupsi lainnya adalah menempati tempat duduk prioritas di kereta maupun angkutan umum lainnya. Terlebih kalau ternyata di kendaraan yang kamu naiki ada lansia atau ibu hamil yang justru berdiri, karena tempat duduk yang ditujukan untuk mereka ditempati kamu. Jangan ya!

Bentuk korupsi lainnya adalah menyerobot antrean. Kamu sering kan melihat ada orang yang suka menyerobot masuk dalam antrean? Atau jangan-jangan kamu juga melakukannya? Nggak dong ya. Kadang pada praktiknya, ada juga yang tak berani menegur mereka yang mencoba menyerobot antrean, sebagai anak muda yang baik, kamu harus berani bicara ya girls.

Ilustrasi antre. (via. BBC)

Itu hanyalah sebagian kecil contoh tindak korupsi yang kerap dilakukan banyak orang, yang mungkin kamu juga pernah melakukannya. Selain mencegah dirimu melakukan korupsi, kamu juga bisa ikut menjadi bagian dalam melawan tindakan korupsi. Tak melulu dengan tindakan besar, dengan mengingatkan orang-orang sekitarmu untuk menghindari tindakan tersebut juga sudah membantu. Berbuat baik itu mudah girls

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading