Sukses

Lifestyle

Menu Sahur: Nasi Tim Ayam Jamur

Fimela.com, Jakarta Supaya kuat menjalani ibadah puasa hingga petang, ada baiknya untuk menyantap menu sahur yang kaya akan zat utama untuk tubuh, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein. Salah satu makanan yang nggak bisa absen dari kebanyakan orang Indonesia saat berpuasa adalah nasi.

Kaya akan karbohidrat, nasi nggak cuma membuat kamu kenyang, namun juga memberi tenaga yang menguatkan kamu untuk beraktivitas selama puasa hingga waktu berbuka. Kalau biasanya kamu menyantap menu sahur berupa nasi dengan lauk, tampaknya untuk sahur di hari ke-7 ini kamu harus mencoba nasi dengan olahan berbeda.

Nasi tim ayam jamur persembahan Bintang Tasty berikut ini, misalnya. Meski agak sedikit rumit, namun, dijamin resep nasi tim berikut ini akan menggugah seleramu yang masih ngantuk saat sahur. Apa saja yang kamu butuhkan? Berikut sederet bahannya. Sederhana dan mudah ditemukan!

Nasi Tim Ayam Jamur (Fotografer: Bambang E. Ros/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

Nasi
2 sdm minyak goreng
2 siung bawang putih cincang
200 g beras, cuci bersih
1 sdm kecap asin
Ayam Jamur
3sdm minyak goreng
1 sdt minyak wijen
4 siung bawang putih, cincang
2 sdt jahe cincang
200 g fillet paha ayam, potong persegi 2 x 2 cm
1 sdt ebi halus
2 batang daun bawang
1 sdm kecap asin
2 sdn kecap manis
½ sdt merica bubuk
100 g jamur merang, iris tipis

Kuah
1.000 ml kaldu ayam
2 siung bawang putih, haluskan
1 sdm kecap asin
1 sdt garam
¼ sdt merica bubuk

Pelengkap
Daun bawang
Sambal cabai rawit

Nasi Tim Ayam Jamur (Fotografer: Bambang E. Ros/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

Cara membuat:

1. Nasi: Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bawang putih sampai harum. Masukkan beras dan kecap asin, aduk rata, angkat.
2. Ayam jamur: Panaskan minyak goreng dan minyak wijen dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan fillet ayam, aduk sampai kaku. Tambahkan kecap asin, kecap manis, dan merica, masak sampai ayam matang. Masukkan jamur, masak sampai layu, angkat.
3. Masukkan tumisan ayam-jamur ke dalam 4 buah mangkuk tahan panas ukuran 200 ml sama rata, lalu taruh beras tumis di atasnya, ratakan. Tuangi kuah sampai penuh.
4. Masukkan mangkuk ke dalam dandang, kukus selama 1 jam sampai tanak, angkat, biarkan beberapa saat.
5. Balikkan mangkuk di atas piring, sajikan nasi tim bersama kuah yang dimasak lagi sampai mendidih dengan pelengkap daun bawang dan sambal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading