Sukses

Lifestyle

Jangan Sepelekan, Ini 5 Tanda Alergimu Jadi Penyakit Serius

Fimela.com, Jakarta Setiap orang berpotensi mengalami alergi. Sebagian dari kamu mungkin menganggap alergi adalah keadaan di mana seseorang nggak cocok makan sesuatu. Padahal, alergi nggak melulu soal makanan. Pemicu hadirnya alergi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Selain makanan, ada juga orang-orang yang alergi udara, gigitan serangga, debu, bulu hewan, obat-obatan, atau serbuk sari.

 

Alergi sendiri merupakan sebuah reaksi sistem kekebalan tubuh pada sesuatu yang dianggap berbahaya meski sebenarnya tidak demikian. Bentuk gejala alergi pada seseorang bermacam-macam. Bersin-bersin, batuk-batuk, sesak nafas, ruam, gatal, bengkak pada bagian tubuh tertentu, hingga muntah. Tiingkat keparahan seseorang juga berbeda-beda.

Meski gejala alergi bisa hilang dengan penanganan khusus dan nggak memicunya dengan penyebab, namun, bukan berarti alergi bisa kamu anggap sepele, sebab, ada gejala-gejala alergi yang menjadi gejala penyakit serius lainnya.

Seperti yang dikemukakan oleh Scott Rickert, MD, seorang profesor dan ahli otolaringologi di New York University Langone Medical, Neeta Ogden, M.D., juru bicara American College of Allergy, Asma dan Imunologi, dan Clifford W. Bassett, M.D., pendiri dan direktur medis Allergy and Ashma Care of New York yang dihimpun dari Women's Health Mag berikut ini, misalnya.

 

Datang Tiba-tiba

Datang Tiba-tiba. (Sumber Foto: sleepsugar)

Alergi yang datangnya tiba-tiba tanpa sebab patut diwaspadai. Nyeri hidung yang tampak biru, misalnya. Hal tersebut bisa menjadi pertanda infeksi sinus, terutama jika kamu juga menderita demam dan mengeluarkan lendir berwarna hijau. Begitu juga dengan radang tenggorokan yang terjadi dengan tiba-tiba dan dapat menyebabkan nanah pada amandel ditambah dengan kesulitan menelan.

 

Batuk Lendir

Batuk Lendir. (Sumber Foto:NetDoctor)

Batuk berlendir mungkin hal biasa. Itu menandakan jika ada benda asing dalam saluran pernafasanmu. Namun, batuk berlendir juga bisa menjadi tanda bronkitis atau infeksi pada saluran pernapasan bagian atas lainnya. Umumnya, alergi ditandai dengan batuk kering dan jika berlendir bisa jadi indikasi sebagai tanda infeksi.

Batuk Semakin Parah

Batuk semakin parah. (Sumber foto: liputan6.com)

Jika kamu merasa batukmu semakin parah dan dalam, bisa jadi itu bukan batuk alergi lagi. Melainkan batukmu bisa menjadi tanda penyakit bronkitis atau pneumonia. Segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Muncul Gejala Setelah Makan Sesuatu

Muncul Gejala Setelah Makan Sesuatu. (Foto: soymilkexpert.com

Munculnya gejala alergi setelah makan sesuatu bukan selalu kamu mengalami alergi, namun, jika kamu mengalami lidah gatal, bibir gatal, atau tenggorokan sakit, kamu mungkin benar-benar memiliki alergi oral. Dalam kebanyakan kasus, alergi itu bukan alergi serius tapi membuat nggak nyaman, jadi sebaiknya hindari makanan yang mengganggumu.

Membaik Setelah 10 Hari atau Lebih


Membaik Setelah 10 Hari atau Lebih
. (Sumber foto: thoughtcatalog.com)

Alergi biasanya akan muncul kembali dalam satu-dua minggu atau ketika kamu melakukan hal-hal yang memicu kembali datang. Alergi biasanya akan hilang setelah minum obat pereda atau istirahat. Namun, jika alergi membaik setelah 10 hari atau lebih, bisa jadi itu sebuah tanda penyakit serius.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading