Sukses

Lifestyle

Ini 4 Fakta Gempa Tadi Malam

Fimela.com, Jakarta Malam tadi, Jumat (15/12/2017), kamu yang sedang tertidur pulas atau baru mau tidur mungkin merasakan guncangan yang cukup keras. Ya, tadi malam gempa mengguncang Jakarta, tepatnya sekitar pukul 23.50 WIB. Gempa dirasakan oleh warga yang langsung membagikan pengalamannya dengan kicauan di Twitter.

Beberapa orang mengatakan bahwa gempa terjadi selama satu hingga dua menit. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan gempa mengguncang dua kali selatan Jawa. Gempa pertama terjadi pada pukul 23.04 WIB dengan kekuatan magnitudo 4,5 berpusat di koordinat 7,29 derajat Lintang Selatan (LS) dan 106,69 derajat Bujur Timur (BT) atau 48 km barat daya Sukabumi, Jawa Barat. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Lalu gempa kedua terjadi pada pukul 23.47 WIB dengan magnitudo 6,9 di koordinat 7,75 derajat LS dan 108,11 derajat BT pada kedalaman 107 km. Gempa kedua berpotensi tsunami. Tak hanya Jakarta getaran gempa Tasikmalaya juga dirasakan di sejumlah daerah di Jawa, yakni Pangandaran, Ciamis, Garut, Depok, Sukabumi, Gunungkidul, Banyumas, dan Semarang.

Akibat gempa Tasikmalaya dilaporkan seorang warga Ciamis tewas tertimpa rumah yang ambruk. Sementara beberapa bangunan juga mengalami kerusakan, salah satunya adalah beberapa bagian di gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Selain itu, inilah beberapa fakta gempa tadi malam yang harus kamu tahu.

1. Gempa Tadi Malam, Peringatan Tsunami Dicabut

Awalnya BMKG memperingati adanya tsunami setelah gempa Tasikmalaya dengan magnitude 6,9. Namun setelah beberapa saat peringatan tersebut pun dicabut. Namun warga dihimbau tetap berhati-hati.

2. Gempa Tadi Malam dan Gempa Susulan Lainnya

Dari hasil monitoring BMKG sampai pukul 02.14, terjadi tiga kali gempa susulan dengan kekuatan 3.2 SR, 3.4 SR, dan 3.2 SR. Lalu dari pengamatan Stasiun Tide Gauge di Pangandaran, Pamayang Sari, Binangeun, dan Pacitan, tidak terekam adanya kenaikan air laut.

3. Gempa Tadi Malam Paling Terasa di…

Gempa yang terjadi tadi malam dirasakan cukup keras dibeberapa wilayah Indonesia, seperti Bandung, Kebumen, Karangkates, lalu juga dirasakan di Yogyakarta, Jakarta, Depok, Ngawi, Madiun, Nganjuk, Badung, Mataram, dan daerah lain di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

4. Gempa Tadi Malam dan Ciri-ciri Tsunami

Peringatan tsunami usai gempa tadi malam memang sudah dicabut, tapi nggak ada salahnya untuk kamu mengetahui ciri-ciri gempa berpotensi tsunami, yakni lokasi episenter (pusat gempa) terletak di laut, kedalaman pusat gempa relative dangkal, memiliki magnitude besar lebih dari 7.0 SR, dan Mekanisme sesarannya adalah sesar naik (thrusting fault) dan sesar turun (normal fault).

Itulah beberapa fakta tentang gempa tadi malam, Jumat (16/12/2017) yang harus kamu tahu. Seperti yang dijelaskan oleh BMKG, untuk masyarakat yang daerahnya mengalami guncangan akibat gempat diharapkan tetap tenang dan terus mengikuti informasi perkembangan BMKG.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Tadi Malam

  • Fakta

Loading