Makan Enak, Berat Badan Minggat

Fimela Editor03 Agu 2011, 04:03 WIB
Diperbarui 03 Agu 2011, 04:03 WIB

Sebenarnya puasa adalah pemindahan jadwal waktu makan. Jadi, buat kamu yang nggak menjaga makan dan malah membabi buta saat berbuka puasa dan sahur, jangan heran kalau justru berat badanmu akan meningkat. Dan di akhir Ramadhan tubuhmu malah ketambahan beberapa kilogram.

Oatmeal adalah cara mudah untuk menurunkan berat badanSalah satu cara untuk membantumu mengontrol berat badan selama berpuasa adalah dengan mengonsumsi oatmeal. Kenapa oatmeal? Karena oatmeal adalah salah satu sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat dan mudah dikonsumsi. Saat berpuasa, tubuh memerlukan energi agar kita bisa melakukan berbagai aktivitas. Kalori yang berasal dari karbohidrat lebih cepat dibakar dan membuat kita juga semakin cepat merasa lapar. Nah, oatmeal merupakan salah satu cara untuk menunda lapar saat puasa karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna oatmeal.

Dengan sedikit berkurangnya rasa lapar di siang hari, tentunya akan mencegah kamu makan dengan kalap waktu berbuka. Nggak sedikit lho, orang yang melakukan “pembalasan” saat berbuka puasa.

Selain sebagai penunda lapar, oatmeal juga merupakan salah satu jalan untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan bahwa dengan menambahkan oatmeal ke dalam pola makan merupakan salah satu cara untuk mengurangi berat badan dan kolseterol. “Oatmeal merupakan makanan dengan kadar nutrisi dan serat tinggi. Selain itu, oatmeal bisa membantu menahan lapar di pagi hari jika dikonsumsi saat sarapan,” ujar James Rippe, M.D., kardiolog dan associate professor of medicine di Fakultas Kedokteran Universitas Tufts dan Ketua Rippe Lifestyle Institute.

Oatmeal bisa dikreasikan menjadi berbagai menu sesusai seleraBagi yang belum pernah mencoba oatmeal karena membayangkan wujudnya yang seperti bubur dan bingung bagaimana cara mengonsumsinya, kamu bisa mengkreasikan oatmeal seperti makanan lain yang biasa kamu makan. Misalnya, kamu bisa membuat Bubur Manado, Kue Talam, cake, ataupun pie dengan bahan dasar oatmeal. Dengan demikian kamu bisa menikmati oatmeal dengan cara yang lebih mudah kamu “terima”. Oatmeal dimodifikasi? Berpengaruh nggak dengan kandungan gizinya? Jangan takut, kandungan gizi oatmeal nggak akan berubah sama sekali walaupun oatmeal dimodifikasi sedemikian rupa. “Oatmeal bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan apapun tanpa mengubah fungsinya. Jadi, kamu bebas mengkreasikannya sesuai selera,” ujar dr. Pauline, spesialis gizi di RS Fatmawati pada tim FIMELA.com.

So, buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dan tetap sehat selama Ramadhan, nggak ada salahnya kamu mencoba mengonsumsi makanan yang satu ini. Kamu bisa memodifikasi oatmeal sesuai dengan selera. Jadi kamu bisa tetap makan enak dan membuat berat badan minggat.

What's On Fimela