Sukses

Lifestyle

Alasan kenapa kamu harus memakan pisang setiap hari

Fimela.com, Jakarta Pisang, salah satu buah yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Selain mudah di dapat, pisang juga kerap menjadi penyelamat kala menahan rasa lapar. 

Cukup hanya dengan satu buah pisang besar, perut akan terisi dan rasa lapar akan lebih lama datang. Bahkan, sahabat Fimela yang sering sarapan hanya dengan satu buah pisang jarang merasa lapar di jam 9-1- pagi. 

Selain itu, pisang juga sering dijadikan sebagai makanan penutup usai makan siang. Tidak heran, karena pisang kaya akan potasium dan karbohidrat. 

Tapi, benarkah pisang baik untuk tubuh? Prevention menulis, pisang memang mengandung banyak karbohidrat. Namun, juga mengandung banyak gula. Sehingga, sahabat Fimela yang menjalani diet keto mungkin jarang memilih buah sebagai menu diet. 

Meskipun begitu, kadar gula yang tinggi inilah yang ternyata menyelematkanmu di kala lapar melanda. Women's Health Magazine menulis, kandungan gula yang terdapat di dalamnya ini justru dibutuhkan oleh tubuhmu. 

Tidak seperti gula pasir yang sudah diproses, gula yang terkandung dalam pisang juga bersandingan dengan kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Selain itu, Prevention menulis, buah berkulit kuning ini juga kaya akan serat yang bisa memperlambat sistem saat tubuhmu mencerna gula. 

Berapa pisang dalam sehari?

Dilansir dari BBC, orang dewasa seharusnya mengonsumsi 3,500mg potasium per hari. Sementara, satu pisang dengan berat 125 gram biasanya mengandung 450 mg potasium. 

Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus mengonsumsi 7 pisang dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan potasiummu. Karena, kamu bisa mendapatkan potasium dari makanan lain. 

Selain itu, orang yang memiliki penyakit ginjal bisa saja meninggal lantaran terlalu banyak makan pisang. Batasnya, hingga 6 pisang per hari. Pasalnya, ginjal yang rusak tidak bisa mengolah potasium tersebut hingga akhirnya menjadi terlalu banyak dan membahayakan nyawanya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading