Sukses

Lifestyle

3 Tips Membersihkan Talenan agar Tidak Bau

Fimela.com, Jakarta Ketika memasak, tentu talenan menjadi alat masak yang tidak kalah penting dibandingkan pisau. Berfungsi sebagai alas memotong bahan makanan, Talenan juga perlu dijaga kebersihannya agar makanan juga sehat dikonsumsi.

Namun karena banyaknya bahan makanan yang dipotong di atas talenan, mulai dari buah, sayur, hingga daging, talenan sangat berpotensi menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri dan berbau. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, dilansir dari spendwithpennies.com, ini sekian tips membersihkan talenen agar tidak berbau.

1. Lemon atau

Bisa gunakan lemon atau jeruk nipis saja, cukup oles dan gsosok merata pada talenan untuk membersihkannya. Kandungan asam dari lemon dan cuka mampu membunuh bakteri penyebab bau dan potensi penyakit. 

2. Cuka dan garam

Campurkan cuka dan garam lalu gosokkan ke talenan untuk membersihkan sekaligus menghilangkan bau makanan pada talenan. Angin-anginkan setelah dibilas bersih hingga kering.

3. Baking soda

Baking soda adalah bahan pembersih yang ajaib, bisa membersihkan apa pun termasuk talenan. Gosokkan pada talenan dengan spons hingga bersih. Lalu bilas dengan air dan angin-anginkan di atas sinar matahari.

4. Hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida hampir sama dengan cuka maupun baking soda, membunuh sekaligus menyingkirkan bau. Taburkan dan gosokkan di atas talenan lalu biarkan selama beberapa menit. Basuh dengan air panas dan keringkan di bawah sinar matahari.

Itu dia tips sederhana namun efektif dan praktis membersihkan talenan agar tidak bau.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading